Jasa Audit Keuangan Perusahaan di Jakarta dan Sekitarnya

 Jasa Audit Keuangan Perusahaan di Jakarta dan Sekitarnya - Suatu perusahaan tentunya membutuhkan sebuah laporan keuangan, terlebih bagi perusahaan besar yang ingin mengembangkan bisnisnya di wilayah Jakarta. Dimana salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan laporan terbaik adalah dengan melakukan sistem audit. Dimana nantinya sistem audit akan memberikan hasil secara lebih jelas dan rinci. Nah agar kalian lebih paham akan seluk beluk yang berhubungan dengan audit laporan keuangan. Maka penjelasan di bawah ini akan membantu kalian.


Apa itu audit laporan keuangan
Sebelum membahas lebih dalam terkait dengan audit keuangan. Tentunya mengetahui pengertian dari kegiatan audit keuangan memang sangat penting sekali.
 

Secara mudahnya audit laporan keuangan adalah sebuah kegiatan evaluasi yang dilakukan di beberapa tempat seperti perusahaan, organisasi ataupun sebuah lembaga. Dari kegiatan keuangan ini nantinya akan menghasilkan sebuah pendapat yang bersifat berdiri sendiri dari pihak ketiga.
 

Pendapat ini tentunya berhubungan dengan laporan sebuah keuangan di beberapa tempat tadi yang disajikan secara lengkap, akurat, wajar, relevan dan sudah memenuhi prinsip dari akuntansi serta beberapa aturan yang berlaku. oleh sebab itu diperlukan jasa audit keuangan perusahaan di Jakarta.


Tujuan adanya audit laporan keuangan
Adanya audit pada suatu perusahaan juga memiliki tujuan tertentu lho. Bahkan dengan adanya audit ini juga akan bisa membantu suatu perusahaan mengetahui kondisi alur keuangan terkini yang dimilikinya. Secara mudahnya tujuan adanya audit pada sebuah perusahaan adalah agar perusahaan tersebut tahu apakah laporan keuangan yang dijalankan oleh perusahaan, lembaga atau organisasi tersebut sudah memenuhi standar akuntansi yang berlaku.
 

Tentunya jika dilihat dari penjelasan tersebut, sebuah program audit laporan keuangan menang sangat begitu penting sekali untuk dijalankan.


Manfaat adanya audit laporan keuangan perusahaan
Adanya program audit pada laporan keuangan suatu perusahaan juga akan memberikan dampak positif atau manfaat yang begitu berguna bagi perusahaan lho. Namun manfaat ini terbilang masih banyak yang belum tahu.


Maka dari itu penting sekali bagi kalian untuk tahu apa saja sih manfaat dari audit tersebut agar suatu hari ketika ada kegiatan tersebut kalian sudah tenang tanpa perlu takut. Berikut adalah penjelasan selengkapnya terkait dengan manfaat melakukan kegiatan audit laporan keuangan perusahaan.


1.    Bentuk patuh terhadap hukum
Adanya audit juga menjadi salah satu bukti bentuk patuh suatu perusahaan, lembaga atau organisasi terhadap hukum yang berlaku. Dengan adanya audit, suatu perusahaan bisa diketahui apakah mereka patuh atau tidak.


Jika memang suatu perusahaan tidak patuh terhadap hukum atau adanya pelanggaran. Maka pihak auditor bisa melaporkan sesuai dengan pelanggaran yang telah dilakukan oleh perusahaan, lembaga atau organisasi tersebut.


2.    Lebih akurat
Seperti yang dijelaskan jika suatu laporan keuangan dari perusahaan, lembaga atau organisasi harus memenuhi standar akuntansi. Maka dari itu ketika sebuah perusahaan, lembaga atau organisasi tidak melakukan laporan sesuai standar yang berlaku.
 

Proses audit akan menemukan adanya celah. Celah ini tentunya juga akan lebih akurat datanya ketika adanya bantuan dari proses audit.
 

3.    Ketepatan dalam penentuan laba
Adanya audit juga akan mempermudah kalian untuk melakukan proses peningkatan manajemen bisnis. Pasalnya proses audit yang dilakukan dengan cermat dan teliti akan lebih mempermudah kalian mengetahui beberapa hal penting seperti pendapatan lama dari bisnis yang sedang dijalankan.
 

4.    Proses pinjaman yang lebih disederhanakan
Mungkin beberapa dari kalian pernah mendapatkan kendala ketika melakukan sebuah pinjaman untuk perusahaan melalui sebuah bank. Bisa jadi karena laporan keuangan yang disajikan belum dilakukan sebuah proses audit.
 

Pasalnya laporan keuangan yang sudah dilakukan audit akan lebih mudah mendapatkan pinjaman dari bank. Hal ini tak lain karena hasil dari proses audit terlihat lebih akurat dan rinci yang dilakukan dengan lebih cermat.
 

5.    Mudah mengetahui hal curang
Tak bisa dipungkiri jika suatu kendala yang ada di dalam keuangan perusahaan adalah sebuah kecurangan. Kecurangan ini bisa saja terjadi dari pihak orang dalam. Nah mungkin kalian tak menyadari akan kecurangan yang terjadi.
 

Namun semua bisa terungkap berdasarkan proses audit yang dilakukan. Pasalnya hasil dari proses audit tersebut akan disajikan sesuai dengan fakta yang ditemukan pada kondisi sebenarnya.
 

6.    Pertumbuhan bisnis lebih terlihat
Sebuah penyedia jasa audit laporan keuangan sejatinya haruslah layanan penyedia jasa yang berdiri sendiri atau independen. Dimana ia tidak akan memihak satu sisi. Hal inilah yang membuat proses audit bisa membantu sebuah perusahaan menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya.
 

Perusahaan bisa meminta sebuah auditor untuk melakukan evaluasi dan juga memberikan saran. Saran ini berguna untuk meningkatkan sistem pada bisnis, pengelolaan keuangan dan juga praktik akuntansi. oleh sebab itu sangat diperlukan penyedia jasa audit keuangan perusahaan di Jakarta.
 

7.    Membantu perencanaan
Dalam dunia bisnis tentunya perencanaan adalah hal yang perlu dilakukan. Pasalnya dengan adanya proses audit akan lebih mempermudah suatu perusahaan tahu bagaimana jalannya pemasukan dan pengeluaran yang berlangsung.
 

Hal inilah yang membantu suatu perusahaan melakukan proses perencanaan, dan pengambilan suatu keputusan.
 

Jenis-jenis audit
Dalam dunia bisnis proses audit memang sudah biasa. Selain bisa membantu perusahaan mendapatkan laporan keuangan yang lebih akurat. Ternyata proses audit juga akan memberikan banyak manfaat lho. Manfaat tersebut sudah dijelaskan pada beberapa poin sebelumnya.
 

Perlu diketahui juga jika sampai saat ini ada beberapa jenis audit yang kerap dilakukan oleh suatu perusahaan. Mungkin kalian juga tak begitu tahu. Namun agar kalian bisa lebih tahu. Maka penjelasan di bawah ini bisa membantu kalian.
 

1.    Audit internal
Audit internal adalah suatu proses audit yang dilakukan terhadap perusahaan namun dilaksanakan oleh pihak internal. Sebenarnya prosesnya adalah ketika kalian memiliki bisnis dan nantinya yang akan melakukan proses audit adalh pihak internal perusahaan kalian.
 

Baik dari bisnis atau pemegang saham, mereka akan melakukan audit untuk mendapatkan sebuah evaluasi keuangan. Selain itu dengan melakukan sebuah audit juga akan mempermudah kalian mengetahui apakah proses keuangan yang dijalankan sudah mencapai tujuan yang diinginkan.
 

2.    Audit eksternal
Berbeda dengan audit internal yang bisa dilakukan oleh pihak dalam perusahaan. Audit eksternal hanya bisa dilakukan oleh pihak luar yang berdiri sendiri yaitu Kantor Akuntan Publik (KAP).
 

Selain itu mereka yang melakukan proses auditor juga harus memenuhi standar umum yang berlaku dari IAPI. Tujuan dari diberlakukan proses audit eksternal adalah agar proses pelaporan keuangan suatu perusahaan, lembaga atau organisasi bisa lebih akurat.
 

Baik investor maupun peminjam dalam perusahaan tersebut akan melakukan proses audit untuk mendapatkan informasi sekaligus data keuangan yang lebih akurat.
 

3.    Audit keuangan
Bisa dibilang jika audit keuangan adalah salah satu jenis auditor yang paling umum. Dimana kebanyak proses audit yang dilakukan memang menggunakan auditor eksternal.
 

4.    Audit operasional
Bisa dibilang jika audit operasional juga hampir sama dengan audit internal. Dimana tujuan, proses, perencanaan, prosedur maupun hasil akan dianalisa oleh pihak auditor. Kebanyakn audit operasional akan dilakukan oleh pihak internal.
 

Meski belum semuanya, namun empat jenis audit di atas memang sampai saat ini sudah banyak digunakan. Nah itulah beberapa penjelasan tentang audit laporan keuangan yang bisa kalian baca. Terlebih pada saat ini cukup banyak penyedia jasa audit keuangan perusahaan di Jakarta yang ahli dalam melakukan kegiatan ini, salah satunya https://www.indoconsultant.com/

Quote Business

“Jangan pernah mencari konsumen untuk produkmu, namun temukan produk untuk konsumenmu.” – Seth Godins

Quote Marketing

“Tujuan memiliki perusahaan adalah mempunyai pelanggan yang, bukan hanya terbaik namun juga legendaris,” – Sam Walton

Quote Research and Development

“Kamu boleh belajar dari pesaing, namun jangan meniru, meniru maka kamu tamat,” – Jack Ma

Quote Inovation

“Ketika kamu berinovasi, kamu harus siap terhadap orang yang menyatakan kamu gila.” – Larry Ellison

Copyright © 2017 Jasa Audit Eksternal Laporan Keuangan Akuntansi Perusahaan