Jasa Audit Laporan Keuangan Perusahaan Dan Yayasan



Laporan keuangan pada suatu perusahaan atau badan hukum tertentu, menjadi salah satu hal penting mengetahui keluar masuknya anggaran secara terperinci, tapi jika anggaran yang laporkan tidak sesuai biasanya pihak jasa audit laporan keuangan perusahaan dan yayasan akan melakukan pemeriksaan, apakah sudah berjalan sesuai peraturan dan prinsip akuntansi yang berlaku atau belum karena umumnya pada laporan keuangan wajib memberikan laporan yang relevan, akurat, dan lengkap, serta disajikan dengan wajar.


Sebagai perusahaan besar, laporan keuangan akan dibuat per tahun untuk diberikan ke bagian audit dan di periksa secara keseluruhan oleh pihak audit dan mereka akan menanyakan tentang transaksi keuangan dilapangan dan kegiatan operasional yang berjalan, kemudian baru memberikan pendapat mengenai laporan keuangan dari perusahaan tersebut.


Jasa Audit Laporan Keuangan Perusahaan
Sebagai karyawan di salah satu perusahaan besar, tentu tidak asing lagi dengan istilah audit, terutama yang berada di bagian keuangan. Audit laporan keuangan adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak akuntan publik untuk menyatakan apakah sudah sesuai dengan peraturan atau prinsip akuntansi yang berlaku. Untuk audit sendiri merupakan salah satu proses dalam memperoleh bukti dan mengevaluasi bukti tersebut secara objektif.


Maka, bisa dikatakan jika laporan audit merupakan bagian dari laporan keuangan dasar yang digunakan untuk menganalisis suatu perusahaan. Dengan adanya proses audit sebenarnya sangat menguntungkan bagi perusahaan, karena pihak manajemen perusahaan dapat mengetahui hasil sesungguhnya dari laporan keuangan yang telah disusun oleh pihak keuangan internal. Tanpa intervensi dari pihak manapun, penyedia jasa audit laporan keuangan akan bersifat independen dan patuh terhadap semua ketentuan perundang-undangan yang berlaku dalam menyajikan hasil audit. Hasil yang dikeluarkan oleh pihak auditor dapat menjadi acuan kedepan untuk pengambilan keputusa perusahaan dalam segala aspek pengembangan bisnis jangka panjang. Dapat disimpulkan pada audit laporan keuangan ini menjadi bagian penting dari setiap perusahaan untuk dapat melanjutkan ke tahapan kegiatan selanjutnya, sehingga sebelum dilakukannya audit perlu untuk membuat laporan keuangan yang rapi. 


Pada umumnya, adanya audit menjadi salah satu yang wajib untuk dilakukan karena dapat memberikan penilaian yang baik, jika pada laporan keuangan yang di serahkan ke pihak audit sesuai dengan yang ada di lapangan. Untuk audit laporan keuangan sendiri memiliki kegunaan melakukan evaluasi kinerja dan mengecek kondisi keuangan suatu perusahaan yang dibuat per tahun. 


Tujuan Audit Laporan Keuangan Perusahaan & Yayasan

Secara umum, laporan keuangan menjadi salah satu penilaian jika perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik, seperti tujuan audit laporan keuangan umumnya, yaitu untuk mendapatkan hasil yang meyakinkan bahwa laporan keuangan yang telah disajikan oleh organisasi, perusahaan, dan juga lembaga disusun sesuai dengan prinsip dan standar akuntansi yang berlaku. 


Untuk laporan keuangan yang diberikan harus menyajikan kondisi keuangan yang sesuai dengan perusahaan, mulai dari tanggal laporan hingga kinerja manajemen pada periode  tersebut. Adapun tujuan dari jasa audit keuangan perusahaan tentunya memiliki dampak positif untuk perkembangan bisnis perusahaan tersebut dan sekaligus membantu menganalisis dari kemungkinan terjadi.


1.      Menjaga Kepatuhan
Dengan membuat laporan keuangan yang disusun sesuai dengan kondisi perusahaan menjadi salah satu bukti kepatuhan untuk proses audit laporan keuangan yang baik.
2.      Laporan lebih akurat
Dengan adanya audit laporan keuangan, dapat membantu pembuatan laporan keuangan menjadi lebih akurat dan terpercaya.
3.      Tepat menentukan laba
Audit dapat membantu perusahaan meningkatkan kelancaran pada manajemen bisnis suatu perusahaan melalui pendapat dari hasil analisis laporan keuangan yang sudah dievakuasi sebelumnya.
4.      Mendeteksi kecurangan
Sebagai auditor memiliki tugas untuk mendeteksi adanya kecurangan dalam perincian laporan keuangan yang ditujukan dan di lapangan, sehingga dapat segera ditindaklanjuti.
5.      Membantu perencanaan dan penganggaran
Sebagai audit laporan keuangan selain menganalisis laporan keuangan pada setiap transaksinya, audit juga membantu memberikan tentang rencana yang harus dijalankan dan memberikan anggaran yang harus digunakan.


Tahapan Audit Laporan Keuangan Pada Perusahaan & Yayasan
Dalam melakukan pengerjaan audit laporan keuangan yang biasanya harus dilakukan secara sistematis dan terperinci ini. Maka, perlu melakukan beberapa tahapan audit yang wajib Anda ketahui sebagai berikut :
1.      Merencanakan dan merancang pendekatan audit
Sebagai tahapan pertama yang wajib Anda lakukan untuk melakukan pendekatan adalah adanya bukti audit yang sudah terkumpul wajib kompeten agar tanggung jawab dan profesional sebagai auditor terpenuhi. Selain itu, untuk mengenai masalah biaya pengumpulan bukti yang minimal. Dari pertimbangan yang ada sebagai tahapan audit, Anda harus dapat merencanakan dan melakukan pendekatan pada audit secara efektif.
2.      Melaksanakan pengujian audit
Auditor akan melakukan pengujian analitik, pengendalian, dan substantif. Analitik, yaitu mempelajari data-data dan informasi yang diberikan oleh bisnis klien, kemudian membandingkan dengan data yang ada. Untuk pengendalian dilakukan sesuai dengan prosedur audit. Mengenai substantif adalah suatu prosedur di mana audit dapat menemukan adanya kesalahan yang dapat mempengaruhi pada laporan keuangan.
3.      Melengkapi proses audit
Untuk melengkapi proses audit menjadi hal yang wajib dilakukan karena penting untuk mendapatkan informasi secara keseluruhan melalui data yang diberikan.
4.      Perencanaan proses audit
Dalam perencanaan proses audit laporan keuangan yang wajib dilakukan oleh seorang auditor adalah :
·        Harus memahami bisnis dan industri klien.
·        Melakukan prosedur analitik dengan baik.
·        Menentukan materialitas.
·        Menetapkan risiko audit dan risiko bawaan.
·        Memahami struktur pengendalian dan risikonya.
5.      Pelaporan audit
Untuk tahap terakhir pelaporan audit adalah hasil dari audit yang sudah selesai dikerjakan dan sudah mendapatkan hasil yang diinginkan.


Alasan Adanya Audit Laporan Keuangan
1.      Memenuhi kewajiban
Setiap perusahaan wajib untuk melakukan audit terutama perusahaan besar yang berada langsung di bawah pemerintah atau badan hukum.
2.      Mengetahui informasi perusahaan & Yayasan
Untuk mengetahui tentang informasi suatu perusahaan, memerlukan adanya laporan informasi yang berhubungan dengan bidang akuntansi karena untuk menerjemahkan mengenai laporan keuangan perusahaan.


Hasil Dari Proses Laporan Keuangan
1.      Wajar tanpa pengecualian adalah audit laporan keuangan yang disajikan sesuai dengan standar dan prinsip akuntansi yang berlaku.
2.      Wajar dengan pengecualian, laporan keuangan masih ada beberapa masalah tapi dalam tahap yang wajar atau masih dapat diandalkan.
3.      Tidak wajar, yaitu laporan keuangan tidak disajikan sesuai dengan peraturan dan prinsip akuntansi yang berlaku dan banyaknya kesalahan pada material laporan.
4.      Tidak memberikan pendapat, dengan adanya kesalahan pada material laporan keuangan membuat auditor tidak dapat menemukan bukti yang cukup ketika proses pemeriksaan.


Jasa audit laporan keuangan perusahaan merupakan sebuah evaluasi untuk laporan keuangan internal, baik dari perusahaan, lembaga, atau organisasi yang wajib menyertakan laporan keuangan yang relevan, wajar, lengkap, dan akurat sesuai dengan aturan dan prinsip akuntansi yang sudah ada.

Quote Business

“Jangan pernah mencari konsumen untuk produkmu, namun temukan produk untuk konsumenmu.” – Seth Godins

Quote Marketing

“Tujuan memiliki perusahaan adalah mempunyai pelanggan yang, bukan hanya terbaik namun juga legendaris,” – Sam Walton

Quote Research and Development

“Kamu boleh belajar dari pesaing, namun jangan meniru, meniru maka kamu tamat,” – Jack Ma

Quote Inovation

“Ketika kamu berinovasi, kamu harus siap terhadap orang yang menyatakan kamu gila.” – Larry Ellison

Copyright © 2017 Jasa Audit Eksternal Laporan Keuangan Akuntansi Perusahaan