Jasa Audit Keuangan Kupang Kantor Akuntan Publik KAP

 Melayani Jasa Audit Laporan Keuangan
Resmi Kantor Akuntan Publik (KAP)
Kota KUPANG dan Sekitar
Hubungi : 0822-40-500-400

Jasa Audit Keuangan Kupang Kantor Akuntan Publik KAP. Sebuah perusahaan haruslah memenuhi syarat akuntabilitas. Salah satu syarat guna memenuhi hal tersebut tentunya dengan adanya laporan keuangan. Perusahaan perlu melakukan audit laporan keuangan guna memastikan laporan keuangan perusahaan atau lembaga mereka valid dan juga reliabel. 

Laporan keuangan ini nantinya akan diberikan kepada pemegang para stakeholder. Oleh sebab itu, perlu adanya pemeriksaan secara menyeluruh terhadap laporan keuangan atau dilakukan proses audit laporan keuangan. 

Apa Itu Audit Laporan Keuangan

Audit laporan keuangan adalah evaluasi atau penilaian terhadap suatu entitas yang akan menghasilkan opini serta pendapat dari pihak ketiga selaku auditor. Pendapat tersebut merupakan opini independen yang lengkap, akurat, relevan serta wajar berdasarkan pada prinsip akuntansi dan aturan yang diberlakukan. 

Laporan keuangan yang sudah diaudit akan disajikan sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi dan sesuai dengan aturan yang diberlakukan di Indonesia. Proses untuk audit laporan keuangan terdiri dari beberapa tahapan. Berikut ini kita akan mempelajari secara lengkap tahapan audit laporan keuangan dan tujuan serta fungsi dari audit laporan keuangan serta proses melakukan audit laporan keuangan. 

Tujuan Dari Audit Laporan Keuangan

Audit laporan keuangan sebuah perusahaan wajib dilakukan. Audit terhadap laporan keuangan perusahaan dilakukan juga bukan tanpa tujuan. Tujuan audit laporan keuangan perusahaan adalah untuk mendapatkan keyakinan serta pengesahan dari pihak yang kompeten mengenai laporan keuangan perusahaan.

Dengan dilakukannya audit laporan keuangan maka dipastikan bahwa laporan keuangan yang disajikan akan sesuai dengan standar serta prinsip akuntansi yang berlaku di Indonesia. pada laporan keuangan akan tertera tanggal pelaporan serta kinerja dari manajemen perusahaan, organisasi dan sebuah lembaga dalam periode laporan tersebut. 

Tahapan Dalam Audit Laporan Keuangan

Setelah memahami tujuan dari audit laporan keuangan maka selanjutnya adalah memahami tahapan dari audit laporan keuangan. Ada beberapa siklus audit laporan keuangan yang harus dipahami. Berikut ini adalah beberapa tahapan saat melakukan audit laporan keuangan:

1. Perencanaan Serta Perancangan Pendekatan Audit

Tahapan awal dalam audit laporan keuangan adalah dengan mengatur pendekatan yang akan dilakukan untuk mengevaluasi laporan tersebut. Secara garis ada dua pertimbangan yang harus dipikirkan auditor laporan keuangan. 

Jasa Audit Keuangan Kupang Kantor Akuntan Publik KAP. Pertimbangan yang pertama harus dipikirkan oleh seorang auditor adalah bukti audit haruslah kompeten sehingga profesionalitas serta tanggung jawab auditor akan terpenuhi. Pertimbangan yang kedua yaitu berkaitan dengan biaya. Biaya audit laporan keuangan haruslah wajar sesuai dengan pendekatan yang dilakukan. 

2. Uji Substantif dan Pengendalian Transaksi

Setelah menentukan pendekatan yang akan digunakan, seorang auditor selanjutnya dapat melakukan pemeriksaan terhadap laporan keuangan dengan melakukan uji substantif terhadap setiap transaksi yang dilaporkan. Pada tahapan ini auditor akan melakukan evaluasi atas transaksi yang dicatat dalam laporan. 

Pada tahap ini juga akan dilakukan verifikasi terhadap setiap transaksi. Transaksi yang tidak akurat dan disertai bukti akan dikurangi lingkupnya. Nilai moneter dari setiap transaksi yang dilakukan klien akan dievaluasi dan diuji.

3. Melakukan Implementasi Prosedur Analitik Serta Uji Saldo

Dalam audit laporan keuangan sebuah perusahaan, harus dilakukan implementasi prosedur analitik. Data yang digunakan untuk melakukan prosedur analitik berupa rincian saldo dengan data yang dilampirkan. Seorang auditor akan melakukan uji terhadap rincian saldo yang ditampilkan dengan saldo pada akun dengan beberapa prosedur. 

4. Penerbitan Laporan Audit

Setelah dilakukan uji rincian saldo, maka proses audit laporan keuangan sudah hampir mendekati akhir. Seorang auditor akan melakukan proses melengkapi prosedur audit. Pada saat melengkapi prosedur audit ini, seluruh informasi akan dikumpulkan agar diperoleh sebuah kesimpulan. Kesimpulan tersebut harus disertai dengan bukti yang kuat. 

Setelah semua informasi yang didapatkan pada proses audit laporan keuangan lengkap, maka auditor harus menerbitkan laporan atas hasil audit laporan keuangan tersebut. Seorang auditor harus bersikap profesional dalam melakukan audit laporan keuangan sebuah perusahaan. 

Fungsi Audit Laporan Keuangan Perusahaan 

Laporan keuangan perusahaan menjadi hal yang sangat penting. Hasil audit laporan keuangan akan menjadi hal yang sangat penting. Salah satu dari fungsi laporan keuangan adalah sebagai bahan untuk menentukan langkah yang harus diambil.

Manajemen akan membaca laporan keuangan dan menentukan langkah apa yang harus dilakukan untuk periode setelahnya. Melalui laporan keuangan ini dapat diketahui juga posisi keuangan perusahaan saat ini serta arus kas perusahaan. 

Audit laporan keuangan perusahaan juga tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Audit laporan keuangan umumnya dibuat oleh akuntan publik. Melakukan audit terhadap laporan keuangan perusahaan oleh akuntan publik akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. 

Hasil audit laporan keuangan oleh akuntan publik akan menjadi jalan masuk bagi perusahaan untuk mendapatkan sumber pendanaan dari pihak lain. Investor akan merasa lebih yakin jika sebuah perusahaan memiliki laporan keuangan yang baik. 

Dalam mengajukan kredit, sebuah perusahaan akan diminta untuk memberikan laporan keuangan perusahaan yang telah diaudit. Laporan keuangan ini akan menjadi dasar dalam pemberian kredit kepada pihak perusahaan. 

Jenis Pendapat Independen

Seperti telah kita pelajari sebelumnya, bahwa dalam audit laporan keuangan, maka auditor akan memberikan laporan berupa pendapat auditor. Terdapat 4 jenis pendapat auditor yang wajib untuk Anda ketahui, diantaranya:

1. Unqualified Opinion

Berupa pendapat wajar tanpa adanya pengecualian. Dalam hal ini dinyatakan bahwa laporan keuangan tersebut disajikan dengan wajar dan sudah sesuai dengan standar dalam akuntansi yang berlaku di Indonesia. 

2. Qualified Opinion

Berupa pendapat wajar dengan pengecualian. Dalam hal ini laporan keuangan dinyatakan sudah disajikan secara wajar namun mengandung beberapa pengecualian atas standar akuntansi. Pengecualian tersebut akan diberikan penjelasan serta rincian yang lebih lanjut lagi.

3. Adverse Opinion

Berupa pendapat tidak wajar. Laporan keuangan dalam kasus ini dinyatakan belum dilaporkan secara signifikan serta telah menyimpang dari standar akuntansi yang berlaku. 

4. Disclaimer of Opinion 

Dalam hal ini auditor tidak menyatakan pendapat apapun sehingga tidak dapat menyatakan opini terhadap laporan keuangan tersebut. 

Itulah tadi beberapa hal penting yang wajib Anda ketahui tentang audit laporan keuangan. Dengan melakukan audit laporan keuangan, maka perusahaan akan memperoleh jaminan bahwa laporan keuangan perusahaan tersebut telah bebas dari kesalahan penyajian. 

Laporan keuangan yang telah diaudit dan mendapatkan pendapat yang baik juga berarti dinyatakan telah bebas salah saji material. Laporan tersebut berarti telah sesuai dengan aturan dan kerangka kerja laporan keuangan yang diberlakukan di Indonesia. 

Jasa Audit Keuangan Kupang Kantor Akuntan Publik KAP. Kesimpulannya, audit laporan keuangan sangat penting untuk dilakukan. Audit laporan keuangan harus dilakukan oleh jasa audit laporan keuangan dalam hal ii akuntan publik yang ter sertifikasi dan profesional. Hasil laporan keuangan yang mendapatkan pendapat auditor independen baik tentu kan menjadi nilai lebih bagi perusahaan. Perusahaan juga dapat mengetahui posisi keuangan perusahaan guna mengambil langkah atau kebijakan terbaik pada periode selanjutnya.


Quote Business

“Jangan pernah mencari konsumen untuk produkmu, namun temukan produk untuk konsumenmu.” – Seth Godins

Quote Marketing

“Tujuan memiliki perusahaan adalah mempunyai pelanggan yang, bukan hanya terbaik namun juga legendaris,” – Sam Walton

Quote Research and Development

“Kamu boleh belajar dari pesaing, namun jangan meniru, meniru maka kamu tamat,” – Jack Ma

Quote Inovation

“Ketika kamu berinovasi, kamu harus siap terhadap orang yang menyatakan kamu gila.” – Larry Ellison

Copyright © 2017 Jasa Audit Eksternal Laporan Keuangan Akuntansi Perusahaan