Jasa Audit Akuntansi Surabaya Kantor Akuntan Publik KAP

 Melayani Jasa Audit Laporan Keuangan
Resmi Kantor Akuntan Publik (KAP)
Kota SURABAYA dan Sekitar
Hubungi : 0822-40-500-400

Manfaat dilaksanakannya Audit Laporan Keuangan

Jasa Audit Akuntansi Surabaya Kantor Akuntan Publik KAP. Audit keuangan atau yang sering juga disebut dengan audit laporan keuangan adalah sebuah proses pemeriksaan yang dilakukan oleh seorang akuntan. Hal ini bertujuan untuk menilai sebuah laporan keuangan suatu perusahaan. pemeriksaan dilakukan dengan menganalisis laporan tersebut apakah telah sesuai dengan peraturan audit dan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku. Dengan demikian akan diketahui pendapat yang independen tentang laporan keuangan secara akurat, lengkap dan disajikan secara komprehensif.

Secara umum dapat dipahami bahwa audit laporan keuangan adalah sebuah proses untuk memperoleh bukti yang menjamin suatu laporan keuangan perusahaan telah sesuai dengan acuannya. Pemeriksa atau auditor berasal dari sebuah lembaga atau perorangan yang independen serta memiliki kemampuan serta kompeten dibidangnya untuk melakukan audit.

Adapun beberapa manfaat dilakukannya audit laporan keuangan pada sebuah perusahaan adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan pertumbuhan perusahaan

Melalui proses audit seorang auditor dapat menilai apakah internal control yang telah dilakukan oleh perusahaan telah sesuai atau belum. Oleh karena itu proses audit pada dasarnya dapat meningkatkan pertumbuhan perusahaan. Sebab dapat membantu analisis kemungkinan potensi kerugian yang terjadi dalam sistem akuntansi.

2. Menjaga kepatuhan

Proses pemeriksaan yang dilakukan seorang auditor menjadi sebuah tolak ukur kepatuhan sebuah perusahaan terhadap peraturan atau undang-undang yang berlaku. Ketika auditor ternyata menemukan ketidaksesuaian antara laporan keuangan dengan peraturan atau prinsip-prinsip audit, maka seorang auditor dapat melaporkannya.

Untuk itu sebelum dilakukan audit laporan keuangan diperlukan ketelitian dalam menyusun laporan keuangan. sebab apabila ditemukan kekeliruan akan berakibat fatal bagi keberlangsungan perusahaan.

3. Laporan keuangan yang lebih akurat

Apabila laporan keuangan diperiksa oleh auditor hingga didapatkan hasil audit maka auditor akan mengidentifikasi semua bentuk celah sebelum menyajikannya kepada pejabat yang memiliki kepentingan. Dengan demikian apabila laporan keuangan telah selesai di audit maka dapat disimpulkan data tersebut akurat dan dapat dipercaya serta dapat dipertanggung jawabkan.

4. Membantu untuk pengambilan keputusan pinjaman

Melayani Jasa Audit Laporan Keuangan
Resmi Kantor Akuntan Publik (KAP)
SURABAYA Hubungi : 0822-40-500-400


Perusahaan yang telah selesai melakukan audit laporan keuangan akan mendapatkan kepercayaan lebih dari investor maupun lembaga keuangan bank. Ketika perusahaan menerima simpatik dari masyarakat atau perusahaan perbankan maka akan lebih memudahkan bagi perusahaan untuk melakukan pinjaman modal. Bahkan perusahaan yang baik laporan keuangannya menjadi salah satu indikator bagi investor untuk menanamkan sahamnya pada perusahaan tersebut. Jasa Audit Akuntansi Surabaya Kantor Akuntan Publik KAP.

5. Penentuan laba yang tepat

Audit laporan keuangan dapat membantu perusahaan dalam menentukan tingkat profitabilitas (keuntungan. Sebab dalam audit laporan keuangan akan dijelaskan tingkat profit yang diterima oleh perusahaan, meningkat atau menurunnya keuntungan yang diperoleh dapat diketahui dari hasil audit yang dilakukan.

Oleh karena itu proses audit dapat membantu perusahaan untuk menetapkan kebijakan atau pengambilan keputusan yang efektif dalam meningkatkan kelancaran kegiatan perusahaan.

6. Melihat potensi kecurangan atau korupsi

Jika terdapat kecurangan atau korupsi yang terjadi dalam organisasi perusahaan dapat dideteksi berdasarkan laporan keuangan. Sebab seorang auditor akan melaporkan hasil auditnya berdasarkan keaslian data dari fakta yang ditemukan.

Selain itu, apabila terdapat potensi korupsi dilakukan oleh salah satu oknum maka dapat ditinjau lebih jauh berdasarkan laporan keuangan. Karena langkah-langkah audit yang dilakukan akan mengungkapkan seluruh kecurangan yang dilakukan.

7. Memberikan dasar ajuan yang meyakinkan kepada perusahaan lain apabila hendak melakukan pembelian atau penggabungan perusahaan.

8. Menambah nilai kepercayaan bagi para nasabah atau konsumen agar terciptanya hubungan yang baik sehingga meningkatkan loyalitas para nasabah.

9. Memberikan kejelasan tentang ketelitian dan jaminan laporan keuangan.

Tahapan-tahapan audit laporan keuangan

Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui ketika melakukan audit laporan keuangan. Beberapa tahapan ini harus dilakukan secara sistematis dan terstruktur agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.  Adapun beberapa tahapan tersebut antara lain sebagai berikut :

a. Penerimaan perikatan audit

Perikatan yang dimaksud disini adalah perjanjian atau kesepakatan bersama antara kedua belah pihak. Adapun pihak-pihak yang terkait yakni pihak auditor selaku pelaksana audit dan perusahaan yang biasanya diwakili oleh pihak manajemen yang telah ditugaskan oleh perusahaan.

Sebelum melaksanakan audit maka diperlukan sebuah kesepakatan yang disetujui bersama. Kesepakatan ini tercermin dari adanya penyerahan laporan keuangan kepada auditor untuk diperiksa, kemudian adanya kesanggupan dari auditor untuk melakukan audit laporan sesuai kompetensinya.

Pada tahap ini auditor berhak menerima atau menolak permohonan audit. Keputusan ini tentunya berdasarkan pertimbangan beberapa hal penting seperti integritas manajemen, identifikasi risiko, penilaian independensi, penentuan kompetensi dan kemampuan profesionalitasnya.

Dengan demikian auditor tidak sembarangan menerima klien untuk dilakukan audit namun berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang menjadi indikator penerimaan permohonan. Hal ini sesuai dengan tujuan audit itu sendiri yaitu mengevaluasi sehingga perlu mempertimbangkan berbagai faktor.

b. Perencanaan proses audit

Dalam perencanaan proses audit seorang auditor diharuskan untuk melakukan beberapa kegiatan-kegiatan seperti :

Memahami bisnis atau sektor perusahaan

Melakukan prosedur analitik

Menetapkan risiko audit dan risiko bawaan

Mengetahui model-model pengendalian intern dan menetapkan risiko pengendalian

Melakukan pengembangan rencana audit dan program audit

Untuk meminimalisir terjadinya kendala maka dalam tahap persiapan dan perencanaan haruslah dilakukan secara matang, sehingga apabila terdapat kendala pada saat melakukan proses audit dapat terselesaikan dengan cepat dan tepat. Jasa Audit Akuntansi Surabaya Kantor Akuntan Publik KAP. 

c. Pelaksanaan pengujian audit

Setelah merencanakan proses audit selanjutnya tahapan yang dilakukan adalah melaksanakan pengujian audit. Pada tahapan audit seorang auditor akan melakukan pengujian pada beberapa hal, yaitu :

Pengujian analitik yaitu pengujian yang dilakukan oleh auditor dengan mempelajari data-data dan informasi bisnis klien dengan membandingkan data tersebut dengan informasi lainnya. Perbandingan data ini bertujuan untuk melihat kesesuaian antar data.

Pengujian pengendalian yaitu proses audit yang dilakukan dengan melakukan proses verifikasi efektivitas pengendalian pada internal klien.

Pengujian substantif yaitu pengauditan yang dilakukan untuk menemukan kesalahan yang berpotensi mengandung pengaruh pada laporan keuangan.

d. Pelaporan audit

Tahapan pelaporan audit merupakan tahapan akhir dari audit yang dilakukan. Laporan ini berisi hasil dari pekerjaan audit yang telah dikerjakan. Dalam laporan akan memuat jenis opini, jasa yang diberikan, objek yang diaudit, tujuan audit, hasil audit dan rekomendasi yang diberikan apabila terdapat kekurangan pada informasi atau istilah audit pada laporan keuangan tersebut.

Laporan audit ini merupakan tugas seorang auditor yang memiliki tanggung jawab besar sehingga diharuskan memiliki kehati-hatian saat penyusunan laporan hasil audit. Baik atau tidaknya laporan keuangan biasanya akan berpengaruh pada citra perusahaan dan kantor akuntan publik yang menanganinya. Bahkan terdapat sanksi yang dibebankan dari pihak berwajib apabila laporan hasil audit tidak sesuai pada prinsipnya.

e. Persiapan rapat penutupan proses audit

Pada prosesnya dalam tahap ini auditor akan meminta tanggapan dan persetujuan klien atau perusahaan apabila terdapat temuan masalah dalam laporan audit. Tanggapan ini akan disampaikan pada rapat penutupan. 

Dalam rapat penutupan semua pihak yang terlibat akan mendiskusikan hasil laporan audit dan tanggapan secara matang. Apabila terdapat masalah lain yang ditimbulkan maka dalam tahap ini juga para pihak akan mencari solusi bersama dan menyelesaikan bersama. Jasa Audit Akuntansi Surabaya Kantor Akuntan Publik KAP.


Melayani Jasa Audit Laporan Keuangan
Resmi Kantor Akuntan Publik (KAP)
SURABAYA Hubungi : 0822-40-500-400


Quote Business

“Jangan pernah mencari konsumen untuk produkmu, namun temukan produk untuk konsumenmu.” – Seth Godins

Quote Marketing

“Tujuan memiliki perusahaan adalah mempunyai pelanggan yang, bukan hanya terbaik namun juga legendaris,” – Sam Walton

Quote Research and Development

“Kamu boleh belajar dari pesaing, namun jangan meniru, meniru maka kamu tamat,” – Jack Ma

Quote Inovation

“Ketika kamu berinovasi, kamu harus siap terhadap orang yang menyatakan kamu gila.” – Larry Ellison

Copyright © 2017 Jasa Audit Eksternal Laporan Keuangan Akuntansi Perusahaan