Jasa Audit Maluku Ambon Kantor Akuntan Publik KAP

 Melayani Jasa Audit Laporan Keuangan
Resmi Kantor Akuntan Publik (KAP)
Kota AMBON MALUKU dan Sekitar
Hubungi : 0822-40-500-400

Jasa Audit Maluku Ambon Kantor Akuntan Publik KAP.  Laporan keuangan adalah salah satu alat yang digunakan untuk mengukur kinerja suatu perusahaan atau organisasi. Bagi para investor atau donatur, laporan keuangan adalah hal yang pertama kali ingin dilihat untuk menilai apakah perusahaan atau organisasi tersebut layak untuk menerima suntikan dana. Oleh karena itu, laporan keuangan haruslah valid dan reliabel sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pemangku kepentingan, seperti pemerintah (regulator), pemilik usaha (owner), penyandang dana (funder), atau bahkan masyarakat.

Penilaian atau evaluasi terhadap laporan keuangan disebut sebagai audit laporan keuangan yang akan menghasilkan pendapat atau opini dari pihak ketiga mengenai akurasi, kelengkapan, relevansi, dan kewajaran laporan berdasarkan prinsip-prinsip yang baku. Fungsi dari penilaian ini adalah untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas suatu lembaga.

Namun, tahukah Anda tentang alasan mengapa lahir praktik audit keuangan?

Tenang, Anda berada di tempat yang tepat karena kali ini kita akan bahas sekilas mengenai sejarah audit keuangan.

Asal Muasal Audit Laporan Keuangan

Praktik audit laporan keuangan sesungguhnya telah berlangsung sejak berabad-abad silam. Meski tidak diketahui secara pasti kapan pertama kali dilakukan, praktik audit ternyata dapat ditelusuri dari zaman Mesopotamia, dimana terdapat simbol-simbol pada angka-angka transaksi keuangan seperti ceklis, titik, dan lain sebagainya. 

Di Mesir, audit laporan keuangan dapat diketahui dari beberapa transaksi keuangan yang dinilai oleh auditor. Sementara itu, Yunani menggunakan audit untuk urusan kerajaan, khususnya terkait dengan masalah perbudakan. Adapun di Romawi, audit menggunakan sistem “dengar transaksi keuangan”, dimana setiap transaksi akan dilihat dan disaksikan langsung oleh auditor.

Audit laporan keuangan terus mengalami perkembangan dari masa ke masa hingga akhirnya profesi akuntan diperkenalkan oleh Inggris di Amerika Utara pada abad ke-19. Oleh karena itu, bentuk laporan dan prosedur audit yang dilakukan di Inggris diadopsi oleh para akuntan di Amerika. Pada masa itu, praktik audit di Inggris dan Amerika sedikit berbeda. Di Inggris, semua perusahaan publik harus diaudit, namun tidak ada kewajiban audit untuk perusahaan di Amerika Serikat. 

Tidak adanya aturan dan ketentuan yang mewajibkan audit membuat audit di masa itu sangat beraneka ragam, misalnya hanya mencakup neraca, namun terkadang juga dilakukan secara komprehensif meliputi semua rekening yang terdapat pada perusahaan.

Pada perkembangan selanjutnya, kewajiban audit laporan keuangan justru berasal dari Securities and Exchange Commision (SEC), sebuah badan yang mengatur pasar modal. Adanya kewajiban tersebut dilatarbelakangi oleh pengakuan umum tentang manfaat pendapat auditor terhadap laporan keuangan. 

Pertanyaannya, apa saja manfaat audit laporan keuangan?

Manfaat Audit Laporan Keuangan

1. Menciptakan kesempatan untuk mengalirnya sumber pembiayaan dari pihak luar.

2. Menjadi landasan penilaian oleh para kreditur atau mitra perusahaan saat ingin memberi keputusan pemberian kredit.

3. Sebagai dasar penilaian bagi perusahaan asuransi, para investor, perbankan, dan lain-lain dalam menentukan syarat penjualan, pembelian atau penggabungan perusahaan.

4. Mengidentifikasi kesalahan dan penyimpangan keuangan dalam pencatatan yang dilakukan.

5. Menjadi sarana untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Tahapan Audit Laporan Keuangan

Beberapa tahapan yang harus dilalui ketika melakukan audit laporan keuangan, antara lain:

1. Perikatan Audit 

Pada tahapan ini terjadi kesepakatan antara pihak auditor dan perusahaan yang biasanya diwakili oleh pihak manajemen. Perikatan audit wajib dilakukan sebelum proses audit dimulai. Pada perikatan audit, pihak manajemen perusahaan akan memberikan audit laporan keuangan kepada auditor, dimana pihak auditor selanjutnya akan memproses audit laporan keuangan sebagaimana kompetensinya. 

2. Perencanaan 

Jasa Audit Maluku Ambon Kantor Akuntan Publik KAP. Apabila tahap pertama telah selesai, maka auditor wajib melakukan riset untuk memahami bisnis dan industri klien, menjalankan prosedur analitik, dan menetapkan risiko audit. Di samping itu, pihak auditor juga wajib memahami struktur pengendalian internal dan menentukan risiko pengendalian. Setelah riset yang menyeluruh selesai, saatnya auditor mengembangkan tahap kedua, yaitu perencanaan audit yang harus dibuat dengan tepat dan teliti. 

3. Pelaksanaan Uji Audit 

Tahapan pengujian adalah proses berikutnya yang harus dilakukan setelah perencanaan. Dalam hal ini, pengujian meliputi uji pengendalian dan uji substantif, yaitu dengan mendalami data dan informasi bisnis klien serta membandingkannya dengan data dan informasi lainnya. Di sini akan ada proses verifikasi terhadap efektivitas pengendalian internal klien dan prosedur audit untuk menemukan kesalahan secara langsung dan menyajikan pengaruh pada laporan keuangan. 

4. Pelaporan Audit 

Pelaporan merupakan tahapan keempat dari serangkaian proses audit laporan keuangan. Laporan yang dibuat oleh auditor akan menjadi sarana komunikasi auditor dengan pihak lainnya, sehingga wajib dibuat dengan sangat rinci, teliti, dan penuh tanggung jawab, antara lain berisi lingkup audit, objek audit, tujuan audit, hingga hasil audit serta rekomendasi yang wajib disajikan dalam hal ditemukan adanya kekurangan. 

5. Tindakan Perbaikan

Tahapan ini biasanya dilakukan pada saat rapat penutupan. Pada tahap ini, auditor akan memastikan setiap masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Apabila ada masalah lain yang mungkin timbul, auditor akan langsung menyelesaikan dan membahas kemungkinan solusinya dengan seluruh pihak terkait.

Tips Memilih Jasa Audit Laporan Keuangan

Apabila Anda sedang mencari jasa audit laporan keuangan, maka Anda perlu memperhatikan beberapa kriteria di bawah ini:

1. Reputasi

Memastikan reputasi jasa akuntan publik adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Anda bisa melihat reputasi jasa akuntan publik dari penilaian kepuasan klien terhadap layanan yang telah diberikan, termasuk diantaranya kemampuan menjaga rahasia perusahaan mengingat rahasia keuangan perusahaan merupakan isu sensitif yang harus selalu dijaga agar tidak bocor dan merugikan perusahaan.

2. Berpengalaman

Semakin banyak kasus yang pernah ditangani oleh seorang auditor, maka akan semakin meningkatkan kualitas opini dan rekomendasi yang akan diberikan nantinya. 

3. Biaya

Besar atau kecilnya biaya harus disesuaikan dengan skala perusahaan. Perlu diingat bahwa harga yang miring atau terlalu tinggi tidak mencerminkan kredibilitas hasil laporan yang akan diberikan. Untuk audit dalam skala yang besar tentu saja akan memerlukan biaya yang besar pula, dan sebaliknya.

4. Ketepatan Waktu 

Tidak sedikit perusahaan jasa akuntan tidak mampu menyelesaikan laporan sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Padahal, ketepatan waktu merupakan aspek yang sangat penting dan menunjukkan kepatuhan etika profesi. Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan kemudahan akses (waktu dan jarak) agar proses penyelesaian audit keuangan bisa Anda pantau secara mudah.

5. Legalitas 

Lengkap tidaknya legalitas usaha jasa audit laporan keuangan akan memberikan jaminan keamanan bagi klien, khususnya apabila terjadi peristiwa yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Sekarang Anda telah mengetahui manfaat audit dan tips dalam memilih jasa audit laporan keuangan.

Jasa Audit Maluku Ambon Kantor Akuntan Publik KAP. Jika Anda masih ragu dalam memutuskan jasa audit mana yang akan digunakan, jangan lupa untuk selalu minta rekomendasi dari auditor atau akuntan yang Anda kenal.


Quote Business

“Jangan pernah mencari konsumen untuk produkmu, namun temukan produk untuk konsumenmu.” – Seth Godins

Quote Marketing

“Tujuan memiliki perusahaan adalah mempunyai pelanggan yang, bukan hanya terbaik namun juga legendaris,” – Sam Walton

Quote Research and Development

“Kamu boleh belajar dari pesaing, namun jangan meniru, meniru maka kamu tamat,” – Jack Ma

Quote Inovation

“Ketika kamu berinovasi, kamu harus siap terhadap orang yang menyatakan kamu gila.” – Larry Ellison

Copyright © 2017 Jasa Audit Eksternal Laporan Keuangan Akuntansi Perusahaan