Jasa Audit Keuangan Palangkaraya Kantor Akuntan Publik KAP

 Melayani Jasa Audit Laporan Keuangan
Resmi Kantor Akuntan Publik (KAP)
Kota PALANGKARAYA dan Sekitar
Hubungi : 0822-40-500-400

Jasa Audit Keuangan Palangkaraya Kantor Akuntan Publik KAP. Membahas mengenai audit keuangan memang tidak bisa lepas dari sebuah perusahaan ataupun organisasi. Hal ini dikarenakan adanya sifat akuntabilitas yang mana hal ini sangat penting dan utama. Ada banyak hal yang bisa memenuhi akuntabilitas ini salah satunya yaitu audit laporan keuangan. Artikel ini membagikan ilmu mengenai hal tersebut dengan lengkap.

Mengenal Audit Laporan Keuangan

Audit sendiri dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan yang terstruktur untuk proses evaluasi dari bukti informasi tentang ekonomi yang diukur dengan menggunakan pedoman entitas ekonomi. Entitas ini artinya suatu organisasi, pemerintahan maupun sebuah lembaga. Dari pengertian dasar tersebut maka dapat disimpulkan bahwa audit laporan keuangan sebagai suatu kegiatan pengevaluasian atau penilaian data yang ada di entitas sehingga memunculkan sebuah opini dari pihak independen tentang laporan keuangan yang bersifat jelas, akurat dan relevan. 

Dalam proses pengerjaan laporan keuangan ini tentu menggunakan kaidah kaidah standar audit yang dikelola oleh ahli akuntansi. Dalam proses audit laporan ini tentu ada tahapan-tahapan yang perlu dilakukan dengan urut dan teliti. Tahapan-tahapan tersebut diantaranya : 

Merencanakan dan merancang pendekatan audit 

Tahapan pertama dalam audit laporan keuangan yaitu merencanakan dan merancang pendekatan audit. Dalam proses audit ini ada 2 hal penting yang dipertimbangkan auditor. Pertimbangan pertama yaitu bukti audit yang terkumpul. Pertimbangan kedua yaitu biaya untuk mengumpulkan bukti. 

a. Terkait pertimbangan pertama ini, bukti audit yang terkumpul harus kompeten. Hal ini bertujuan agar auditor bisa memenuhi sikap tanggung jawab dan profesionalisme nya. Jadi artinya di sini adalah sebagai auditor ada sikap sikap yang harus dipenuhi dan dipertanggungjawabkan. 

b. Terkait pertimbangan kedua yaitu biaya yang digunakan untuk mengumpulkan bukti audit. Biaya yang dikeluarkan untuk audit ini tidak boleh terlalu rendah juga tidak boleh terlalu tinggi sehingga masih batas wajar. 

Melaksanakan uji pengendalian 

Tahap selanjutnya adalah proses audit adalah melaksanakan uji efektivitas pengendalian pada akurasi keuangan. Hal ini tentu tidak boleh terlewatkan karena jika ada kurang tepatnya bukti audit maka uji ini sangat membantu. 

Melaksanakan uji substantif 

Jasa Audit Keuangan Palangkaraya Kantor Akuntan Publik KAP. Membahas mengenai laporan keuangan tentu tidak bisa lepas dengan bukti transaksi. Setelah melakukan uji pengendalian, dilakukan juga uji substantif. Uji ini dilakukan untuk evaluasi dari pencatatan transaksi yang dilakukan. Hal ini seperti halnya verifikasi apakah betul transaksi dengan jumlah tertentu dilakukan pada waktu tertentu. Uji ini lebih ke isi dari laporan detailnya. 

Mengimplementasikan prosedur analitis dan rincian saldo 

Tahapan selanjutnya dalam proses audit laporan keuangan adalah mengimplementasikan prosedur analitis dan rincian saldo. Proses ini adalah mensinkronkan hubungan antara rincian saldo dengan prosedur analitis yang sudah ada. 

Melengkapi proses audit 

Langkah kelima dari proses audit keuangan adalah melengkapi proses audit. Melengkapi proses audit ini memang sangat penting karena sebelum diterbitkan. Jika sebelum diterbitkan ada aspek audit yang belum lengkap maka hal ini bisa menimbulkan masalah. Oleh sebab itu, auditor sendiri juga perlu menyiapkan ini semua dengan teliti. 

Menerbitkan laporan audit

Langkah terakhir dalam proses audit adalah menerbitkan laporan audit. Tentunya setelah tahapan sebelumnya dilalui dengan baik maka sudah waktunya untuk menerbitkan laporan keuangan. 

Kegunaan Audit Laporan Keuangan

Adapun kegunaan dari audit untuk laporan keuangan yang perlu Anda kenali diantaranya :

Untuk memastikan kelengkapan laporan keuangan 

Kegunaan pertama dari audit laporan keuangan yaitu untuk memastikan kelengkapan laporan keuangan. Laporan keuangan sebuah perusahaan bisa lengkap dan akuntabilitas jika telah melakukan audit laporan untuk keuangan. Yang namanya laporan keuangan memang sangat diperhatikan dari setiap perusahaan agar bisa berjalan dengan optimal. 

Bahkan ada pepatah yang menjelaskan bahwa sebuah perusahaan bisa berjalan baik jika keuangan di dalamnya juga baik pula. Baik disini adalah telah memenuhi syarat akuntabilitas dan jelas tanpa ada hal hal yang bisa memunculkan pertanyaan. Oleh sebab itulah, audit ini selalu ada dan diusahakan oleh setiap perusahaan atau organisasi agar bisa memenuhi akuntabilitas. 

Untuk memastikan ketepatan 

Kegunaan yang kedua yaitu untuk memastikan ketepatan. Ketepatan disini artinya mensinkronkan antara transaksi dengan saldo yang ada. Masalah keuangan memang tidak bisa lepas dengan yang namanya transaksi. Oleh sebab itulah, dalam proses membuat laporan inilah tentu membutuhkan bukti untuk memenuhi syarat akuntabilitasnya. 

Apabila sudah terjadi ketepatan antara transaksi dengan saldo yang ada maka bisa dibilang kondisi keuangan aman. Namun tetap ini perlu ada bukti yang nyata antara transaksi dan saldo yang ada. Jika tidak ada bukti sama halnya kebohongan public. Oleh sebab itulah, dalam proses audit memang harus sangat teliti agar tidak ada yang terlewat satu bukti saja. 

Untuk menyajikan penilaian 

Kegunaan yang ketiga dari audit laporan keuangan adalah untuk menyajikan penilaian. Penilaian disini artinya dalam penyajian audit baik standar dan pedoman yang digunakan di Indonesia sudah memenuhi dengan baik dan benar. Setiap perusahaan atau organisasi atau lembaga yang akan melakukan audit ini tentu harus memperhatikan standart audit yang diberlakukan di Indonesia. Namun jika ketika penerbitan ada audit yang tidak sesuai dengan pedoman maka tentu akan mempengaruhi proses penilaian. 

Untuk melakukan pemisahan batas

Kegunaan terakhir adalah untuk melakukan pemisahan batas. Pemisahan batas ini artinya untuk memisahkan keuangan dalam suatu periode tertentu. Biasanya audit keuangan ini memang dilakukan berapa tahun sekali. Pemisahan batas ini memang sangat dibutuhkan agar keuangan yang terjadi dalam periode tertentu tidak tercampur dengan periode yang lain. 

Kembali lagi dengan pengertian di awal, audit ini dilakukan dengan cara terstruktur tentu hasilnya dan tujuannya untuk keuangan yang terstruktur pula. Jika keuangan terstruktur maka hal ini menambah keyakinan pihak luar jika ingin mengajak kerja sama dengan perusahaan tersebut. 

Untuk mendapatkan keyakinan 

Kegunaan terakhir adalah untuk mendapatkan keyakinan. Artinya dengan membuat audit laporan keuangan maka akan menambah keyakinan bahwa laporan keuangan yang dibuat sudah sesuai dengan yang diberlakukan di Indonesia. Namun tentu hal ini perlu diikutkan penyajian laporan yang jelas baik terkait tanggal, transaksi, saldo maupun kegiatan yang dilakukan dari transaksi tersebut. 

Apalagi audit keuangan ini dilakukan oleh yang sudah ahli di bidangnya yaitu bidang akuntansi tentu akan menambah keyakinan lebih besar. Efeknya dalam menambah perusahaan di luar untuk bekerja sama dengan Perusahaan Anda karena keuangan perusahaan Anda yang bagus.

Jasa Audit Keuangan Palangkaraya Kantor Akuntan Publik KAP. Dari penjelasan di atas tentu Anda sudah mengenali dan memahami pengertian dari audit laporan keuangan. Selain itu, Anda juga memahami kegunaan dari adanya audit keuangan ini. Pentingnya audit keuangan untuk sebuah perusahaan yang nantinya bisa digunakan untuk presentasi ke pemerintah atau pihak berwenang maka perlu dikelola oleh yang ahli juga. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan sampai Anda mengabaikan hal satu ini.


Quote Business

“Jangan pernah mencari konsumen untuk produkmu, namun temukan produk untuk konsumenmu.” – Seth Godins

Quote Marketing

“Tujuan memiliki perusahaan adalah mempunyai pelanggan yang, bukan hanya terbaik namun juga legendaris,” – Sam Walton

Quote Research and Development

“Kamu boleh belajar dari pesaing, namun jangan meniru, meniru maka kamu tamat,” – Jack Ma

Quote Inovation

“Ketika kamu berinovasi, kamu harus siap terhadap orang yang menyatakan kamu gila.” – Larry Ellison

Copyright © 2017 Jasa Audit Eksternal Laporan Keuangan Akuntansi Perusahaan