Jasa Audit Keuangan Sambas Kantor Akuntan Publik KAP

 Melayani Jasa Audit Laporan Keuangan
Resmi Kantor Akuntan Publik (KAP)
Kota SAMBAS dan Sekitar
Hubungi : 0822-40-500-400

Jasa Audit Keuangan Sambas Kantor Akuntan Publik KAP. Saat menyusun laporan keuangan untuk akuntansi, tentunya harus disusun sedemikian rupa supaya bisa selalu memenuhi berbagai kebutuhan yang dibutuhkan oleh semua pihak yang terlibat.

Dan agar bisa selalu memantau dari sebuah laporan keuangan yang berjalan, tentu akan membutuhkan peran dari seorang audit laporan keuangan. Nah, siapa sih audit keuangan yang disebutkan tersebut? Dibawah ini akan dijelaskan mengenai pengertian sampai cara mereka bekerja dengan lengkap.

Pengertian dari Audit 

Audit sendiri adalah sebuah tinjauan dari berbagai catatan keuangan, sistem, proses, karyawan, layanan, serta produk bisnis. 

Tugas dari auditor ini adalah membantu mengevaluasi keakuratan suatu informasi dari organisasi bisnis, serta sebagai proses dimana info tersebut akan dikumpulkan lalu dinilai agar dapat memastikan manajemen dan investor bisa menerima gambaran yang benar mengenai aset perusahaan.

Pengertian dari Auditor Keuangan

Sedangkan Auditor keuangan adalah seorang pihak independen yang akan melakukan pemeriksaan yang dilakukan dengan kritis juga sistematis terhadap laporan keuangan yang sudah disusun dari pihak manajemen, serta berbagai catatan pembukuan juga bukti-bukti pendukungnya yang bertujuan agar bisa memberi pendapat mengenai kewajaran laporan keuangannya.

Dalam auditor ada jenisnya sendiri, yang pertama ada auditor pemerintah, lalu ada auditor eksternal.

Tugas dari auditor pemerintah adalah untuk menilai informasi sebuah laporan keuangan dari instansi pemerintah atas pelaksanaan program serta penggunaan aset milik pemerintah. Sedangkan tugas auditor eksternal adalah membantu untuk memberi opini mengenai laporan yang sudah dikerjakan.

Untuk gaji dari auditor di Indonesia, per tahunnya adalah sekitar Rp 54.000.000 atau visa sekitar Rp 27,600 per jamnya. Sedangkan untuk gaji awal pada posisi auditor ini adalah sekitar Rp 24.600.000 per tahunnya, dan untuk karyawan yang sudah di tahap profesional, gaji yang diterima adalah sekitar Rp 91.800.000 per tahunnya.

Fungsi dari Auditor Keuangan

Dalam pengertiannya, audit laporan keuangan ini mempunyai fungsi yang penting di sebuah perusahaan, yaitu adalah seseorang yang mengadakan pengawasan mengenai semua pembukuan akuntansi dari perusahaan.

Jasa Audit Keuangan Sambas Kantor Akuntan Publik KAP. Namun sejalan dengan meningkatnya sistem informasi yang dipakai, aktivitas auditor ini tidak hanya berputar di pengawasan pembukuan saja, tetapi juga mencakup beberapa hal seperti pada pemeriksaan serta evaluasi mengenai kecukupan dan efektivitas dari suatu sistem organisasi.

Selain itu mereka juga akan mengontrol kualitas kerja dari manajemen dalam melaksanakan tanggung jawab yang dibebankan ke dirinya.

Selain itu, beberapa fungsi lain dari adanya auditor ini yaitu,

1. Sebagai seorang auditor, mereka akan mempunyai fungsi untuk menentukan baik atau tidaknya kontrol internal dengan memperhatikan berbagai pemeriksaan fungsi serta memperhatikan apakah prinsip dasar dari akuntansi ini benar-benar dilaksanakan atau tidak.

2. Seorang auditor akan berfungsi membantu memberi penilaian yang baik serta meningkatkan pengawasan dengan biaya sewajarnya, lalu mereka juga akan mengidentifikasi sistem pengendalian yang telah dilakukan, dari pengendalian internal manajemen sampai kegiatan operasional yang dilakukan.

3. Auditor akan berfungsi dalam membantu memperbaiki sistem operasional dari perusahaan supaya dapat lebih efisien dan efektif.

4. Auditor akan berfungsi dalam memastikan peraturan serta prosedur yang ada harus dipatuhi oleh semua elemen manajemen yang ada.

5. Auditor akan memastikan jika data yang dipunyai serta diolah pada perusahaan bisa mereka pertanggung jawabkan.

Cara Kerja dari seorang Auditor Keuangan

Dibawah ini ada beberapa cara kerja yang akan dilakukan dari seorang audit laporan keuangan saat melakukan audit,

1. Akan Meminta berbagai Dokumen yang mereka butuhkan

Saat seorang auditor tersebut mendatangi klien yang nanti akan diaudit, seorang auditor biasanya akan langsung meminta berbagai dokumen-dokumen yang mereka butuhkan untuk diaudit.

Tapi biasanya auditor juga akan memberi daftar berbagai dokumen yang dibutuhkan dahulu kepada klien. 

Dalam sebuah dokumen yang dibutuhkan, biasanya akan mencakup nota keuangan, salinan dari laporan keuangan audit yang sebelumnya, debit serta kredit yang perusahaan memiliki, buku besar, sampai rekening koran.

Auditor juga biasanya akan meminta bagian organisasi dari klien bersama dengan daftar-daftar nama dewan juga komite yang terkait.

2.Mempersiapkan beberapa Rencana Audit

Setelahnya auditor akan memeriksa berbagai informasi yang ada pada sebuah dokumen juga merencanakan bagaimana proses audit yang akan mereka lakukan. Dan Tiap auditor tentu akan mempunyai gaya audit yang berbeda-beda.

Salah satunya adalah workshop yang bisa dilakukan dari tim audit agar dapat mengidentifikasikan kemungkinan masalah yang bisa saja muncul ketika proses audit.

Setelahnya seorang auditor baru akan menyusun rencana audit sesuai dengan workshop yang dilakukan, atau bisa juga melakukan dari diskusi yang telah dilakukan oleh tim audit.

3. Menjadwalkan Waktu dari Rapat Terbuka

Seorang auditor nantinya tentu perlu untuk mengundang manajemen senior, general affair, maupun staf administrasi. 

Di dalam melakukan rapat terbuka tersebut, auditor nanti akan mempresentasikan ruang lingkup audit, berapa lama waktu pelaksanaan auditnya, sampai masalah terkait pembahasan audit.

Nanti tiap kepala departemen dari pihak klien tersebut bisa meminta bantuan agar mengkomunikasikan hal tersebut ke staf bawahannya mengenai adanya wawancara yang akan dilaksanakan nanti dengan sang auditor.

4. Mulai Kerja Lapangan

Nantinya seorang auditor harus mengambil informasi yang sudah mereka kumpulkan dari rapat terbuka sebelumnya, dan hasil dari rapat terbuka itu akan menjadi yang digunakan untuk membantu merealisasikan rencana audit.

Untuk kerja lapangan, nanti dilaksanakan dengan komunikasi dengan anggota staf dan meninjau prosedur serta proses audit.

Lalu auditor akan menguji kepatuhan dari klien terkait dengan catatan serta laporan keuangan yang sudah disesuaikan dengan PSAK. Seorang auditor tentunya bisa mendiskusikan masalah jika masalah tersebut muncul kepada klien agar bisa memberi klien kesempatan untuk memberi feedback.

5. Menyusun berbagai Hasil Laporan yang didapat

Lalu jika sudah auditor akan menyiapkan berbagai audit yang berisi rincian dari temuan audit selama proses yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Pada laporan audit nanti akan merangkum berbagai kesalahan matematis, temuan yang sifatnya material maupun tidak, dan yang lain. Barulah kemudian auditor akan menulis berbagai komentar mengenai temuan audit tersebut lalu merekomendasikan solusinya ke klien.

6. Menjadwalkan Rapat Penutupan

Saat proses audit telah dilakukan, maka auditor bisa meminta tanggapan serta persetujuan klien mengenai masalah dan temuan dalam laporan audit di rapat penutupan tersebut.

Auditor nanti juga akan menjelaskan berbagai deskripsi rencana aksi manajemen agar dapat mengatasi masalah serta temuan itu, dab juga akan menentukan tanggal untuk menyelesaikan berbagai kesalahan ity.

Dalam sebuah rapat keputusan biasanya semua pihak yang sudah terlibat akan berdiskusi mengenai laporan audit serta tanggapan dari manajemen secara matang dan jelas.

Tapi jika dirasa ada masalah lain, maka mereka bisa langsung menyelesaikan serta mencari solusi dalam rapat penutupan tersebut sampai masalah di dalam audit tersebut selesai.

Jadi diatas adalah beberapa penjelasan mengenai pengertian dari audit, pengertian audit laporan keuangan, fungsinya, sampai cara kerja dari seorang auditor terhadap kliennya. Yang ternyata, melakukan audit dalam suatu laporan keuangan dapat memberi manfaat dari klien perusahaannya.

Jasa Audit Keuangan Sambas Kantor Akuntan Publik KAP. Tapi jika anda ingin membuat laporan keuangan yang ramah untuk audit, cobala tidak memakai proses pembukuan secara manual. Karena selain akan menggunakan waktu yang cukup lama, kemungkinan bisa terjadi salah saat penginputan data.

Jadi, anda bisa mencoba aplikasi-aplikasi yang sudah ada untuk membantu.


Quote Business

“Jangan pernah mencari konsumen untuk produkmu, namun temukan produk untuk konsumenmu.” – Seth Godins

Quote Marketing

“Tujuan memiliki perusahaan adalah mempunyai pelanggan yang, bukan hanya terbaik namun juga legendaris,” – Sam Walton

Quote Research and Development

“Kamu boleh belajar dari pesaing, namun jangan meniru, meniru maka kamu tamat,” – Jack Ma

Quote Inovation

“Ketika kamu berinovasi, kamu harus siap terhadap orang yang menyatakan kamu gila.” – Larry Ellison

Copyright © 2017 Jasa Audit Eksternal Laporan Keuangan Akuntansi Perusahaan