Apakah Perlu Menggunakan Jasa Konsultan Pajak di Jakarta ?

 Pada zaman sekarang ini banyak masyarakat yang sudah mengetahui kewajiban pajak. Namun, di indonesia sendiri pengetahuannya dalam menyadari kewajiban pajak masih kurang. Hal ini dapat dibuktikan dengan data pajak yang terdaftar pada kantor pajak. Bahwa masyarakat masih hanya fokus pada pajak pribadi dan melalaikan pajak badan usaha yang dimilikinya. Maka, dengan begitu dibutuhkan konsultan pajak untuk bisa lebih dalam memahami persoalan perpajakan.

 
Seberapa Perlu Menggunakan Jasa Konsultan Pajak ?
Jawabannya adalah, YA, faktor yang mempengaruhi mengapa Jasa Konsultan Pajak di Jakarta penting adanya karena pastinya anda sangat merasa kesulitan dan seringkali bingung dalam mengatasi persoalan pajak. Khususnya administrasi perpajakan yang membutuhkan waktu tersendiri dan membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, pasti anda juga kurang perhatian bahkan kurang familiar dengan bagaimana prosedur yang harus dilakukan dan juga aturan dari perpajakan. 


Dimana semua hal tersebut sangat sangat sulit dan cukup rumit untuk dipahami dengan waktu yang singkat . belum lagi masalah perundang undangan perpajakan dan semua peraturan yang mengaturnya yang seringkali melakukan perubahan di setiap tahunnya. Sehingga, konsultan pajak melakukan penyelesaian dari persoalan persoalan tersebut. 


Setiap orang yang sudah menjadi wajib pajak wajib melakukan beberapa tahap yaitu menghitung, membayar serta melaporkan setiap pajaknya. Tentu bagi anda yang mempunyai kesibukan tingkat tinggi akan susah membagi waktu dengan baik sehingga konsultan pajak sangat penting bagi anda. Inilah beberapa alasan yang menjadikan anda berpikir 2 kali untuk tidak menggunakan Jasa Konsultan Pajak di Jakarta ini, 


1.    Peraturan pajak yang sangat rumit dan susah dipahami
Dengan adanya konsultan pajak maka persoalan pajak anda akan terselesaikan dan juga dapat meningkatkan kepatuhan dalam membayar pajak yang ada. Mereka pastinya akan lebih paham dengan persoalan ini daripada anda. Berbeda notaben juga mempengaruhi. Pengetahuan yang menjelaskan perpajakan juga sangat menguras energi jika dipahami satu per satu. 


2.    Semakin sedikit terjadinya kesalahan atau kekeliruan
Dengan menggunakan jasa tersebut maka anda dapat meminimalkan kekeliruan seperti dalam perhitungan, penyetoran dan juga proses pelaporan pajak sehingga lebih efektif juga keefisienannya terjaga dibandingkan jika anda melakukannya sendiri akan lebih lama. Kemungkinan besar salah juga akan cenderung berkurang bahkan 0 karena sudah menjadi profesinya dan ia sudah belajar bertahun tahun untuk itu sehingga tidak dapat diragukan lagi. 


3.    Praktis, efektif, efisien
Semua persoalan perpajakan akan terselesaikan dan tuntas dengan baik serta cepat. Selain itu akan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang sudah berlaku menjadi salah satu prioritas dan kewajiban seorang konsultan pajak. Menggunakan jasa konsultan pajak ini akan membuat aktifitas anda tidak sia sia, tidak terbebani dan bisa terfokus pada urusan anda. 


Definisi Konsultan Pajak
Definisi Konsultan pajak merupakan sebuah profesi yang memberikan layanan berupa jasa kepada para pihak yang wajib membayar pajak agar dapat melaksanakan kewajiban pajak sekaligus haknya. Sehingga menjadikan masyarakat patuh dan sadar akan kewajiban membayar pajak karena hal tersebut sudah diatur di dalam undang undang perpajakan yang ada di indonesia.   Beberapa layanan yang ditawarkan oleh Jasa Konsultan Pajak di Jakarta adalah : 


1.    Perencanaan pajak yang bertujuan untuk mengoptimalkan dan membantu membuat perencanaan yang jelas.
2.    Menghitung, membayar dan juga melaporkan pajak yang sudah dibayarkan  sehingga dapat menjadikan klein paham dan patuh pada pajak.
3.    Mengevaluasi atau memeriksa data pajak dan memilah mana yang merugikan perusahaan dan mana yang terlihat aman. Sehingga akan lebih efisien dan tepat pada sasaran.
4.    Konsultasi permasalahan tentang pajak
5.    Mengurus pengembalian bila kelebihan dalam membayar pajak atau restitusi pajak
6.    Menyelesaikan sengketa pajak
7.    Melakukan pendampingan dan pemeriksaan pajak sehingga akan mempermudah pendataan dan semua proses pajak. 


Kewajiban Konsultan Pajak
Selain menawarkan beberapa layanan tersebut maka kewajiban konsultan pajak tersendiri yang harus dilakukan sebagai berikut,
1.    Memberikan layanan berupa jasa konsultan pajak kepada pembayar pajak atau orang yang wajib membayar pajak dalam melaksanakan haknya yang berguna untuk memenuhi kewajiban pajak sesuai dengan undang undang perpajakan yang sudah berlaku menjadi salah satu kewajiban konsultan pajak
2.    Memahami serta mematuhi kode etik sebagai konsultan serta melakukan sesuai standar profesi yang sudah ditetapkan oleh asosiasi konsultan pajak
3.    Selalu mengikuti kegiatan  yang diselenggarakan oleh asosiasi konsultan pajak
4.    Memenuhi kredit profesional
5.    Melaporkan tahunan konsultan pajak
6.    Memberitahukan secara tertulis pada setiap perubahan meliputi data nama dan alamat rumah ataupun kantor serta melampirkan bukti dari perubahan.


Apa Sih Fungsi Konsultan Pajak Bagi Kamu ?
Untuk dapat melaksanakan kewajiban sadar akan pajak apalagi untuk pelaku usaha, maka harus membuat laporan keuangan yang jelas dan rapi. Nah, disini lah fungsi Jasa Konsultan Pajak di Jakarta atau peran konsultan pajak yaitu untuk menyelesaikan administrasi dengan rapi dan juga rinci sehingga akan memudahkan para pelaku pajak dan usahanya. 


Diharapkan juga jasa konsultan tersebut dapat membuat para pelaku pajak melakukan kewajibannya dengan baik. Konsultan pajak dapat membantu anda yang membutuhkan bantuannya.fungsi konsultan pajak tidak hanya itu saja masih ada beberapa lagi yang perlu anda ketahui, yaitu
Fungsi pertama seorang konsultan pajak adalah memberikan layanan berupa bimbingan, nasihat dan juga saran tentang persoalan wajib pajak. Membuat estimasi dan perhitungan pajak secara rinci karena tidak semua orang mengetahui caranya sehingga perkiraan yang diberikan tidak meleset dan dapat dipertanggung jawabkan.


Kedua, mengurus semua data yang berhubungan dengan pajak serta membantu dalam mempersiapkan semua berkas  yang akan menjadi laporan yang sudah disesuaikan dengan ketetapan perpajakan.
Ketiga, berhak menyarankan dan melakukan penekanan biaya tanpa harus melanggar peraturan sehingga dapat menekan juga pengeluaran agar tidak sia sia. Selain itu, konsultan pajak dapat mengatur sebuah pajak dalam perusahaan sesuai ketentuan. Mana pajak yang perlu dibayar dan tidak didaftarkan karena peraturan yang sudah ditetapkan serta terbaru dan terkini. 


Keempat, mendampingi wajib pajak dalam melakukan pengajuan keberatan yang dilakukan oleh pelaku pajak. Meminimalkan risiko yang mungkin akan terjadi pada persoalan pajak sehingga kekeliruan akan diminimalisir dan terselesaikan dengan baik. 


Terakhir, menggunakan jasa konsultan pajak maka bisa mengurangi beban dalam mengurusi pajak di perusahaan tersebut, sehingga dapat lebih fokus pada pengembangan serta aktifitas yang dilakukan perusahaan. 


Berapa Tarif Konsultan Pajak ?
Biasanya para konsultan pajak di setiap agensi berbeda beda, dan tidak ada aturan yang tetap dalam mematok harga karena biasanya mereka melakukan negosiasi dengan klien dahulu. Besaran harga menggunakan Jasa Konsultan Pajak di Jakarta ditentukan berdasarkan beberapa faktor yaitu, 


•    Tergantung omset yang didapatkan perusahaan
•    Jumlah pegawai juga mempengaruhi
•    Harta kekayaan yang dimiliki dan jumlah restitusi pajak
•    Jenis layanan yang dipilih 


Hal tersebut yang mempengaruhi besaran dan tarifnya. Sehingga ada baiknya dalam hal tersebut anda memilih untuk berkonsultasi dahulu dan memahami jenis layanan jasa konsultan pajak  apa yang akan anda gunakan serta bernegosiasi dengan penyedia layanan Jasa Konsultan Pajak di Jakarta tersebut. Itulah beberapa hal yang dapat kami jabarkan. Semoga bermanfaat.

Quote Business

“Jangan pernah mencari konsumen untuk produkmu, namun temukan produk untuk konsumenmu.” – Seth Godins

Quote Marketing

“Tujuan memiliki perusahaan adalah mempunyai pelanggan yang, bukan hanya terbaik namun juga legendaris,” – Sam Walton

Quote Research and Development

“Kamu boleh belajar dari pesaing, namun jangan meniru, meniru maka kamu tamat,” – Jack Ma

Quote Inovation

“Ketika kamu berinovasi, kamu harus siap terhadap orang yang menyatakan kamu gila.” – Larry Ellison

Copyright © 2017 Jasa Audit Eksternal Laporan Keuangan Akuntansi Perusahaan