Jasa Pengurusan Pajak di Jakarta Resmi Konsultan Pajak

 Sebagai seorang wajib pajak yang ingin menaati kewajiban dalam membayar pajak, ada kemungkinan Anda akan mengalami kebingungan ketika belum terlalu memahami prosedur pelaporan pajak. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menghubungi seorang konsultan pajak. Hanya saja, ada beberapa hal tentang jasa konsultan pajak yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan lebih dulu sebelum benar-benar menghubungi Jasa konsultan pajak diwilayah Jakarta terdekat.


Definisi konsultan khusus pajak
Konsultan pajak adalah perorangan atau badan usaha yang khusus memberikan pelayanan terkait perpajakan kepada seluruh wajib pajak yang membutuhkan bantuan pengelolaan data maupun pelaporan pajak sesuai peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia. Secara umum, persyaratan menjadi penyedia jasa konsultan pajak adalah kepemilikan NPWP, terdaftar kedalam asosiasi konsultan khusus bidang perpajakan, tidak terikat dalam sebuah jabatan lembaga BUMN, BUMD, atau PNS, serta memiliki sertifikasi konsultan. Terkait sertifikasi, ada beberapa jenis sertifikat perpajakan yang sedikit banyak akan mempengaruhi seorang konsultan menjalankan fungsi konsultan pajak salah satunya jasa konsultan pajak Jakarta


a.    Sertifikat pajak kelas A
Pemilik sertifikat ini memiliki hak untuk memberikan pelayanan yang berhubungan dengan fungsi kepatuhan hingga perencanaan pajak dan pemeriksaan laporan pajak, terkecuali apabila menemui kondisi wajib pajak yang sebelumnya memiliki perjanjian penghindaran pajak berganda dengan pemerintah Indonesia.


b.    Sertifikat pajak kelas B
Pemilik sertifikat pajak kelas B memiliki hak penuh untuk memberikan pelayanan perpajakan, baik untuk perseorangan maupun badan usaha yang belum mampu menjalankan kewajiban pelaporan perpajakan secara mandiri. Umumnya konsultan pajak pemilik sertifikat ini diperbolehkan melayani wajib pajak dari beragam jenis industri, terkecuali bidang penanaman modal asing atau wajib pajak yang tinggal di negara lain dengan kesepakatan untuk penghindaran pajak berganda dengan pemerintah Indonesia.


c.    Sertifikat pajak kelas C
Pemilik sertifikat ini memiliki hak umum untuk membantu memberikan pelayanan bidang perpajakan kepada warga Indonesia yang menjalankan usaha berbentuk perorangan maupun berbadan usaha, dimana perorangan atau badan usaha tersebut belum memiliki kemampuan untuk melakukan pengelolaan pajak secara mandiri. 


Jenis layanan konsultan
Sekarang ini, saat Anda mencoba menghubungi jasa konsultan pajak jakarta, ada beberapa jenis layanan yang bisa dimanfaatkan dan dirundingkan dengan pihak penyedia jasa.


•    Kepatuhan pajak
Ketika Anda tidak ingin dipusingkan dengan perhitungan pajak yang harus dibayar dengan penghasilan usaha yang dimiliki dan bagaimana cara pelaporannya secara online maupun offline, penyedia jasa konsultan yang tergabung dalam ikatan konsultan pajak Indonesia akan membantu menghitung, membayarkan, hingga melaporkan pajak sesuai ketentuan perundangan yang berlaku.


•    Perencanaan pajak
Saat Anda tinggal di Jakarta atau area sekitarnya dan memiliki usaha di beragam bidang, cobalah menemui konsultan pajak Jakarta untuk mendapatkan konsultasi perencanaan pajak, Anda bisa bertanya bagaimana merencanakan besaran pajak tanpa membebani pengeluaran perusahaan dan tetap mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan perkiraan awal.


•    Pemeriksaan laporan perpajakan
Dirjen Pajak memiliki hak dan kewajiban untuk memeriksa laporan perpajakan dari perusahaan yang bergerak di beragam bidang. Fungsi yang sama juga dimiliki oleh seorang konsultan pajak, dimana seorang konsultan memiliki layanan untuk memeriksa laporan perpajakan perusahaan yang menggunakan jasanya. Hasil evaluasi yang muncul akan memberikan bantuan pertimbangan ke perusahaan atau perorangan terkait beban pajak yang dianggap merugikan perusahaan dan mencari solusi masalah. 


•    Pendampingan pemeriksaan pajak
Ketika sebuah perusahaan menghadapi pemeriksaan pajak, kewajiban seorang konsultan adalah membantu perusahaan klien untuk menyediakan data atau dokumen perpajakan yang dibutuhkan. Dengan begitu, klien pengguna jasa memahami permasalahan yang mungkin ditemukan selama pemeriksaan perpajakan dan bagaimana solusi penyelesaian masalah.


•    Konsultasi
konsultan pajak bisa membantu Anda saat merasa kesulitan lapor pajak online. Anda juga bisa memanfaatkan jasa seorang konsultan untuk menangani beragam permasalahan perpajakan untuk menghindari kemungkinan denda atau konsekuensi hukum lainnya.


•    Restitusi
Restitusi adalah pengembalian kelebihan pembayaran pajak apabila dalam perhitungannya terdapat selisih lebih bayar. Proses pemeriksaan ulang hingga penerimaan kembali dana lebih hasil bayar pajak dapat difasilitasi juga oleh seorang konsultan.


•    Bantuan penyelesaian sengketa pajak
Seiring dengan perkembangan usaha yang dimiliki perseorangan atau badan usaha di bidang tertentu, ada kemungkinan muncul sengketa perpajakan karena perbedaan pelaporan data diawal atau pelaporan keuangan. Disini peran seorang jasa konsultan pajak adalah sebagai penengah dalam memberi pelayanan sengketa, seperti pengajuan banding, mengajukan keberatan laporan pajak, atau solusi lain. 


Mengapa butuh konsultan?
Secara umum, ada beberapa hal yang menjadikan jasa konsultan pajak jakarta khusus bidang perpajakan masih banyak digunakan hingga saat ini.


•    Kurangnya pengetahuan perpajakan
Setiap penyedia jasa konsultan harus menjalankan kode etik konsultan pajak, dimana hal tersebut dapat membantu masyarakat umum yang tidak memahami detail peraturan perpajakan dan meminimalisir kekeliruan dalam pelaporan pajak.


•    Kurangnya sosialisasi pajak online
Meski saat ini kewajiban pajak bisa dijalankan secara online, pemahaman yang kurang dari masyarakat umum karena kurangnya sosialisasi membuat kemungkinan kesalahan saat pelaporan. Oleh karena itu konsultan pajak online menjadi pilihan jasa dari konsultan pajak yang sering dicari klien perseorangan maupun badan usaha.


•    Peraturan perpajakan yang membuat biaya negosiasinya cukup tinggi
Setiap konsultan pasti memiliki sertifikat konsultan pajak yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang dimiliki seorang wajib pajak. Dengan begitu, jumlah pajak terutang bisa dikurangi dan konsultan akan membantu wajib pajak menjalankan negosiasi yang tidak memberatkan wajib pajak.


Keuntungan menggunakan konsultan
Ketika Anda tidak paham cara menghitung pajak penghasilan, daftar pajak online, atau keperluan pajak lainnya, jasa konsultan yang Anda gunakan akan mempermudah Anda menghemat waktu, tenaga, dan Anda bisa lebih fokus mengembangkan bisnis maupun usaha yang sedang dirintis.


Tips mencari konsultan
Ketika Anda sudah memahami beragam hal diatas, ada beberapa pertimbangan yang bisa dipakai untuk menemukan penyedia jasa konsultan pajak dengan lebih tepat.


•    Disesuaikan dengan budget perusahaan
Salah satu hal paling penting saat memilih penyedia jasa konsultan adalah budget perusahaan atau perorangan. Tanyakan biaya yang perlu dibayar terkait layanan yang dibutuhkan, terlebih apabila ingin menjalankan kerjasama dengan perjanjian jangka panjang.


•    Mengecek lebih dulu status konsultan
Status profesionalitas konsultan bisa diketahui dengan mengakses SIKop atau sistem informasi konsultan pajak. Dari situs ini, Anda bisa mengetahui riwayat konsultan yang ingin diajak bekerjasama dalam pengelolaan pajak perorangan maupun perusahaan yang Anda miliki.


•    Mencari rekomendasi dari rekan bisnis atau keluarga
Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan survey konsultan dan lain hal, Anda bisa meminta rekomendasi dari partner bisnis maupun keluarga. Minta pihak jasa konsultan pajak jakarta menunjukkan perijinan dan sertifikasi yang dimiliki agar Anda merasa aman dan tenang dalam mempercayakan urusan perpajakan.


•    Mencari partner konsultan dengan asas kepercayaan
Mengingat konsultan pajak akan mengelola laporan keuangan yang kita miliki dan menghitung kewajiban terkait pajak dan beberapa hal lain, Anda perlu mencari partner konsultan yang bisa dipercaya dan professional. Hal ini tentu tidak lepas dari data keuangan perusahaan yang umumnya bersifat rahasia.

Quote Business

“Jangan pernah mencari konsumen untuk produkmu, namun temukan produk untuk konsumenmu.” – Seth Godins

Quote Marketing

“Tujuan memiliki perusahaan adalah mempunyai pelanggan yang, bukan hanya terbaik namun juga legendaris,” – Sam Walton

Quote Research and Development

“Kamu boleh belajar dari pesaing, namun jangan meniru, meniru maka kamu tamat,” – Jack Ma

Quote Inovation

“Ketika kamu berinovasi, kamu harus siap terhadap orang yang menyatakan kamu gila.” – Larry Ellison

Copyright © 2017 Jasa Audit Eksternal Laporan Keuangan Akuntansi Perusahaan