Jasa Audit Keuangan Sidoarjo Kantor Akuntan Publik KAP

 Melayani Jasa Audit Laporan Keuangan
Resmi Kantor Akuntan Publik (KAP)
Kota SIDOARJO dan Sekitar
Hubungi : 0822-40-500-400

Jasa Audit Keuangan Sidoarjo Kantor Akuntan Publik KAP. Laporan keuangan diperlukan guna mengetahui kinerja perusahaan selama kurun waktu tertentu. Namun laporan keuangan juga perlu diaudit terlebih dahulu, guna mengetahui kualitasnya. Sebagai jaminan bahwa laporan keuangan tersebut dibuat dengan jujur dan benar-benar menggambarkan kondisi keuangan yang terjadi, tanpa rekayasa dan manipulasi serta polesan sehingga lalu bisa terkesan bagus dan baik-baik saja kondisinya. Sehingga perlu juga dilakukan yang namanya Audit Laporan Keuangan.

Pengertian Audit Laporan Keuangan
Sebagaimana diketahui laporan keuangan akan dipergunakan untuk banyak hal, yakni untuk evaluasi dan penilaian kinerja juga faktor pertimbangan dalam suatu pengambilan keputusan baik oleh pihak intern maupun ekstern dan lain sebagainya. Sehingga perlu dilakukan audit guna mengetahui keabsahannya. Audit laporan keuangan adalah penelitian atau penyelidikan atau pemeriksaan suatu laporan keuangan, guna mendapatkan informasi mengenai tingkat kewajaran dari suatu penyajian laporan keuangan, terkait kesesuaiannya dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku. Proses audit merupakan bentuk akuntabilitas perusahaan terhadap para pemangku kepentingan.

Tujuan Audit Laporan Keuangan
Tujuan dari audit laporan keuangan ialah sebagai berikut.
Guna memperoleh penilaian terhadap tingkat kewajarannya
Guna memastikan akan kelayakan penyajiannya
Guna mengecek terhadap keabsahannya sebagai informasi yang akan digunakan untuk pengambilan keputusan baik bagi pihak intern maupun pihak ekstern
oleh karena itu, jasa audit ini memiliki tarif yang tidak lah murah, karena memang membutuhkan keahlian profesi khusus dan tenaga yang profesional.

Dalam kewajaran dan kelayakan tersebut maka terdapat acuan berupa prinsip-prinsip akuntansi yang lalu sebagai hasil audit laporan keuangan maka akan dinyatakan dalam suatu opini auditornya, dan tercerminkan dalam opini audit.

Jenis Opini Audit Laporan Keuangan
Jenis-jenis opini audit laporan keuangan itu ada 4 macam, mulai dari yang terbaik hingga yang terendah, sebagai berikut.

Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau Unqualified Opinion
Status WTP ini merupakan hasil penilaian audit laporan keuangan yang paling tinggi. Dengan opini WTP maka ini berarti laporan keuangan disajikan telah sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku, serta dinilai wajar apa adanya.
Wajar Dengan Pengecualian (WDP) atau Qualified Opinion
Status WDP tidak sepenuhnya buruk. Dalam hal ini adalah laporan keuangan tersebut masih bisa diandalkan untuk digunakan namun terdapat beberapa permasalahan pada pos yang harus dikecualikan supaya tidak salah dalam pengambilan keputusan, atau ada beberapa hal dalam laporan keuangan tersebut yang perlu diteliti dan didalami lebih lanjut.

Tidak Wajar (TW) atau Adversed
Status TW ini cukup buruk. Dalam hal ini laporan keuangan ditengarai tidak disajikan sesuai dengan standar akuntansi ataupun terdapat kesalahan secara material dalam laporan keuangan tersebut. Sehingga akan bisa menimbulkan kekeliruan atau bias jika hendak dipergunakan sebagai alat analisa perusahaan atau dasar pertimbangan dalam pengambilan suatu keputusan. 

Tidak Memberikan Pendapatan (TMP) atau Disclaimer
Status disclaimer ini yang terburuk. Dalam hal ini maka laporan keuangan bisa dikatakan memiliki kesalahan yang prinsip secara material serta ada yang disembunyikan atau manajemen membatasi ruang lingkup pemeriksaan sehingga auditor tidak bisa mendapatkan bukti yang cukup dalam proses auditnya. Sehingga pihak auditor menyatakan tak bisa memberikan pendapatnya atau lepas tangan dan menyatakan tidak bisa bertanggung jawab tentang kualitas laporan keuangan tersebut atau menyatakan disclaimer. Jadi apabila ada yang hendak menggunakan laporan keuangan yang berstatus disclaimer tersebut maka resiko ditanggung sendiri. Karena tak bisa dijamin kebenaran datanya dan keabsahannya.

Pelaksana Audit atau Auditor
Sebagai Pelaksana Jasa Audit Keuangan Sidoarjo Kantor Akuntan Publik KAP adalah pihak profesional yang kompeten dan independen sebagai berikut.

Melayani Jasa Audit Laporan Keuangan
Resmi Kantor Akuntan Publik (KAP)
SIDOARJO Hubungi : 0822-40-500-400

Auditor independen, seperti pihak Akuntan Publik
Auditor eksternal, seperti BPK (Badan Pemeriksa Keuangan)
Auditor internal, yakni akuntan dari pihak perusahaan atau lembaga yang bersangkutan, yang hasilnya akan menjadi pertimbangan dan evaluasi secara intern.

Acuan Pedoman Audit Laporan Keuangan
Telah ada Standar Auditing yakni mencakup sepuluh standar yang sudah ditetapkan dan disahkan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), yakni yang terdiri dari standar umum, dan standar pekerjaan lapangan, serta standar pelaporan beserta interpretasinya

Laporan Keuangan yang Memerlukan Audit 
Sedangkan laporan keuangan yang memerlukan audit meliputi sebagai berikut.

Laporan Laba Rugi
Laporan Laba Rugi adalah salah satu bagian dari keseluruhan laporan keuangan perusahaan pada suatu satuan periode akuntansi. Laporan Laba dan Rugi ini terdiri dari berbagai pendapatan perusahaan selama periode berjalan dan juga beban biaya yang timbul selama periode tersebut, yakni dalam hal ini mencakup beban usaha maupun beban di luar usaha yang ada selama periode berjalan. Sehingga tidak mengherankan apabila laporan laba rugi itu  yang paling memerlukan audit. Hal ini sebab laporan laba dan rugi akan memberikan evaluasi kinerja perusahaan sekaligus juga sebagai tolok ukur dalam menghitung besaran pajak yang wajib dibayar oleh perusahaan.

Neraca Keuangan
Neraca keuangan perusahaan adalah bagian dalam laporan keuangan perusahaan yang berisi tentang berbagai informasi mengenai aset, dan kewajiban pembayaran pada pihak terkait dalam suatu operasional perusahaan, serta modal pada kurun waktu tertentu. Neraca keuangan perusahaan akan memberikan gambaran mengenai berbagai aset yang dimiliki oleh perusahaan beserta dengan kewajibannya. Suatu neraca keuangan disusun berdasarkan rumus bahwa Aset terdiri dari Kewajiban ditambah Ekuitas Pemegang Saham. Sehingga laporan keuangan berupa neraca keuangan perusahaan ini sangat penting bagi para stakeholder pemegang saham.

Laporan Arus Kas atau Cash Flow
Laporan arus kas merupakan suatu laporan kas dan setara dengan kas yang diterima serta dikeluarkan perusahaan selama kurun waktu periode akuntansi tertentu. Jadi isi dari laporan arus kas ini ialah catatan keuangan yang terkait dengan pemasukan dan pengeluaran perusahaan selama kurun waktu suatu periode tertentu.

Manfaat Audit Laporan Keuangan
Manfaat audit laporan keuangan oleh Jasa Audit Keuangan Sidoarjo Kantor Akuntan Publik KAP ini banyak sekali dan bisa dibagi menjadi sebagai berikut. Inilah alasan tarif jasa audit ini tidak murah, karena membutuhkan ketelitian dan tenaga ahli yang profesional dibidangnya.

Intern Perusahaan
Bagi pihak intern perusahaan berikut antara kain manfaat yang akan didapat.
Mendapatkan laporan keuangan yang kredibel dan bisa dipercaya yang akan digunakan untuk berbagai keperluan.
Bisa melakukan analisa kinerja dan penilaian kinerja secara akurat.
Bisa melakukan evaluasi kerja dengan tepat.
Mampu mengambil berbagai keputusan dengan benar.
Bisa menemukan berbagai kesalahan dan penyimpangan, serta korupsi jika ada dengan cepat serta bisa mengambil tindakan dan solusi yang tepat dengan segera.
Menyajikan laporan keuangan yang lebih kredibel bagi para stakeholder
Tingkat kepercayaan para stakeholder dan konsumen akan meningkat
Perusahaan bisa lebih sehat.
Dapat menawarkan investasi tambahan modal dengan lebih meyakinkan, bisa cepat dan mudah mendapat tambahan modal dan juga besar kemungkinan hal itu adalah pinjaman murah berbunga rendah dan tenir yang panjang akibat pengakuan kredibilitas perusahaan.
Dan lain sebagainya.

Pihak Ekstern
Bagi pihak ekstern perusahaan pun mendapatkan manfaatnya sebagai berikut.
Mendapat data masukan dan informasi laporan keuangan yang lebih berkualitas dan kredibel
Bisa mengambil keputusan keuangan dengan secara benar dan tepat
Mendapatkan gambaran mengenai kondisi keuangan perusahaan dengan benar dan tepat serta bisa dipercaya.
Memudahkan penghitungan pajak.
Dan lain sebagainya.
Itulah antara lain mengenai pentingnya melakukan audit laporan keuangan dari Jasa Audit Keuangan Sidoarjo Kantor Akuntan Publik KAP tersebut.

Melayani Jasa Audit Laporan Keuangan
Resmi Kantor Akuntan Publik (KAP)
SIDOARJO Hubungi : 0822-40-500-400


Quote Business

“Jangan pernah mencari konsumen untuk produkmu, namun temukan produk untuk konsumenmu.” – Seth Godins

Quote Marketing

“Tujuan memiliki perusahaan adalah mempunyai pelanggan yang, bukan hanya terbaik namun juga legendaris,” – Sam Walton

Quote Research and Development

“Kamu boleh belajar dari pesaing, namun jangan meniru, meniru maka kamu tamat,” – Jack Ma

Quote Inovation

“Ketika kamu berinovasi, kamu harus siap terhadap orang yang menyatakan kamu gila.” – Larry Ellison

Copyright © 2017 Jasa Audit Eksternal Laporan Keuangan Akuntansi Perusahaan