Jasa Audit Keuangan Bontang Kantor Akuntan Publik KAP

 Melayani Jasa Audit Laporan Keuangan
Resmi Kantor Akuntan Publik (KAP)
Kota BONTANG dan Sekitar
Hubungi : 0822-40-500-400

Jasa Audit Keuangan Bontang Kantor Akuntan Publik KAP. Pada dunia bisnis, pemeriksaan atau audit laporan keuangan adalah hal yang harus dilakukan bagi setiap bisnis yang ada dimanapun. Pembukuan menjadi hal yang penting bagi Anda sebagai wajib pajak yang menjalankan bisnis di Indonesia. Dan melalui audit laporan keuangan, Anda dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara lebih terperinci dan secara menyeluruh.

Namun pada kenyataannya, tidak sedikit pula beberapa pelaku bisnis kurang memahami pentingnya melakukan audit laporan keuangan, dan tentunya hal ini berimbas pada bisnis yang sedang dijalaninya. Padahal audit laporan keuangan merupakan salah satu saran yang diperlukan untuk memenuhi akuntabilitas perusahaan. Dimana nantinya stakeholder mendapatkan informasi yang valid dan reliabel terkait keadaan keuangan perusahaan

Kendati demikian, tidak serta merta audit laporan keuangan dilaksanakan dengan begitu saja, tanpa memandang aturan yang berlaku di Indonesia serta prinsip-prinsip akuntansi. Jadi mari kita pahami bersama apa itu audit laporan keuangan bagaimana proses audit laporan keuangan serta tujuan dan manfaat audit laporan keuangan. Berikut adalah gambarannya.

Pengertian Audit Laporan Keuangan

Kata-kata audit laporan keuangan merupakan hal yang sering dan umum kita dengar, walau kita masih belum memahami pengertian audit laporan keuangan sesungguhnya. Beberapa ahli juga memiliki pendapat masing-masing dalam mendeskripsikan apa itu audit laporan keuangan. 

Dari beberapa pendapat, kita ketahui bahwa audit merupakan sebuah proses yang sistematik dan memiliki tujuan untuk mengevaluasi bukti secara obyektif.  Sehingga pengertian audit laporan keuangan adalah proses perusahaan dalam memperoleh dan mengevaluasi semua bukti yang terkait dengan kegiatan bisnis yang dilakukannya. 

Nah, laporan audit inilah yang nantinya menjadi laporan keuangan dasar bagi pelaku bisnis untuk menganalisis ‘kesehatan’ perusahaannya. 

Lalu, siapa yang melakukan audit laporan keuangan ini? audit laporan keuangan ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Biasanya perusahaan akan menunjuk pihak independen sebagai auditor. Pihak independen tersebut merupakan auditor dari kantor akuntan publik, sehingga perusahaan perlu menyiapkan budget yang telah disepakati, bilamana ingin menggunakan jasa mereka dalam melakukan audit laporan keuangan ini. Nanti pihak auditor akan melakukan pemeriksaan dan mencocokan semua kegiatan operasional dan semua transaksi keuangan di lapangan, dengan laporan keuangan pada perusahaan tersebut. Sehingga laporan keuangan perusahaan dapat dinyatakan akurat, wajar, lengkap, dan juga relevan.

Manfaat Audit Laporan Keuangan

Jasa Audit Keuangan Bontang Kantor Akuntan Publik KAP. Pentingkan melakukan audit laporan keuangan? Apakah ada manfaat audit laporan keuangan? Kita simak, yuk. Manfaat audit laporan keuangan adalah :

1. Memastikan suatu perusahaan sudah mematuhi semua peraturan yang berlaku dan ditetapkan oleh hukum, jika sebaliknya maka auditor dapat melaporkan.

2. Menganalisis hasil laporan sebelum disajikan kepada stakeholder, agar laporan menjadi lebih akurat dan reliabel. 

3. Membantu dalam menentukan profit perusahaan sehingga keputusan bisnis yang diambil pun akan lebih terfokus pada peningkatan perkembangan perusahaan

4. Mendeteksi adanya ketidaksesuaian kondisi di lapangan dengan laporan keuangan yang disajikan.

5. Memudahkan manajemen dalam melakukan perencanaan, penetapan anggaran bahkan pengambilan keputusan keuangan.

Tujuan Audit Laporan Keuangan

Selain memiliki manfaat, audit laporan keuangan juga memiliki tujuan. Apa saja sih tujuan audit laporan keuangan? Nah berikut ini adalah tujuannya, yaitu agar mendapatkan kepercayaan dan keyakinan bahwa laporan keuangan yang disajikan oleh perusahaan telah disusun melalui prinsip dan standar akuntansi yang sesuai. Selain itu, laporan keuangan yang disajikan juga harus sesuai dengan kondisi keuangan sebenarnya.

Fungsi Audit Laporan Keuangan

Audit laporan keuangan memiliki beberapa fungsi, yaitu :

1. Memastikan kelengkapan laporan keuangan

2. Memastikan ketepatan penghitungan dalam transaksi bisnis

3. Memastikan adanya pencatatan harta dan kewajiban perusahaan sesuai transaksi bisnis pada laporan.

4. Melakukan pemisahan batas transaksi dalam periode pencatatan, agar tidak terjadi kesalahan dalam penyajian laporan keuangan.

5. Memastikan adanya penyajian laporan keuangan yang baik dan dapat dijelaskan secara wajar.

Tahap Audit Laporan Keuangan

Tadi kita sudah bahas tentang pentingnya melaksanakan audit laporan keuangan, nah selanjutnya akan kita bahas bagaimana tahap audit laporan keuangan. Sehingga proses audit laporan keuangan dapat terlaksana secara sistematis. Inilah tahap audit laporan keuangan yang dapat diikuti prosesnya :

1. Tahapan Kesepakatan 

Tahap audit laporan keuangan yang pertama adalah tahap dimana perusahaan menunjuk auditor yang sudah ditentukan dan melakukan kerjasama dalam melaksanakan audit laporan keuangan. Dalam tahap ini, manajemen akan memberikan laporan keuangan kepada auditor dan auditor akan melakukan audit laporan keuangan sesuai dengan standar prinsip-prinsip akuntansi dan aturan hukum yang berlaku.

2. Tahap Perencanaan 

Pada tahap ini, laporan keuangan menyeluruh direncanakan berdasarkan pertimbangan bahwa bukti-bukti audit yang terkumpul harus dapat dipertanggungjawabkan serta adanya biaya audit yang wajar sesuai kesepakatan sebelumnya.

Jadi auditor mulai melakukan beberapa kegiatan seperti memahami bisnis klien serta mengembangkan rencana audit yang akan dilaksanakan.  

3. Tahap Pengujian

Tahap audit laporan keuangan selanjutnya adalah melakukan pengujian pengendalian pengujian analitik, dan pengujian substantif. Dalam tahap ini, auditor akan meninjau kembali pemeriksaan beberapa hal, ketika ditemukan laporan keuangan yang kurang akurat atau tidak disertai dengan adanya bukti audit.

Auditor juga harus melakukan pengujian pengendalian informasi dalam laporan keuangan yang akurat. Selanjutnya, auditor akan melakukan evaluasi terhadap pencatatan transaksi bisnis dan memverifikasi nilai moneter terhadap berbagai transaksi tersebut. Verifikasi inilah yang disebut dengan uji substantif atas transaksi.

4. Tahap Pelaksanaan

Pada tahap audit laporan keuangan ini, audit dilaksanakan. Auditor akan menganalisis data-data dan informasi bisnis untuk kemudian akan dibandingkan dengan data dan informasi yang lainnya. Jika ada kesalahan, atau data transaksi yang dianggap tidak wajar, maka akan langsung ditemukan dan akan memberikan pengaruh langsung pada laporan 

5. Tahap Melengkapi dan Menerbitkan

Setelah proses audit selesai, maka pada tahap audit laporan keuangan berikutnya auditor akan melakukan penggabungan atas semua informasi yang ditemukan selama pelaksanaan audit. Kemudian auditor, yaitu akuntan publik memiliki kewajiban untuk menerbitkan hasil audit dalam bentuk laporan audit guna melengkapi laporan keuangan perusahaan. Tujuannya adalah mendapat kesimpulan secara terstruktur dan menyeluruh, agar laporan keuangan perusahaan dapat disajikan secara wajar.

6. Tahap Pelaporan Audit

Tahap ini merupakan tahap terakhir dalam pada audit laporan keuangan. Pada tahap audit laporan keuangan yang terakhir ini, auditor akan melaporkan hasil auditnya. Namun dalam pembuatan laporannya, tidak boleh dibuat secara sembarangan, karena perlu diingat bahwa pembuatan laporan atas audit laporan keuangan, membutuhkan tanggung jawab yang besar serta mempertaruhkan nama baik kantor akuntan publik.

Jasa Audit Keuangan Bontang Kantor Akuntan Publik KAP. Dari uraian tadi, kita mengetahui bahwa audit laporan keuangan merupakan bentuk evaluasi terhadap kinerja manajemen dan kondisi keuangan dalam perusahaan, yang dilaporkan secara lengkap, relevan, akurat, wajar serta sesuai aturan yang berlaku di Indonesia dan prinsip-prinsip akuntansi.


Quote Business

“Jangan pernah mencari konsumen untuk produkmu, namun temukan produk untuk konsumenmu.” – Seth Godins

Quote Marketing

“Tujuan memiliki perusahaan adalah mempunyai pelanggan yang, bukan hanya terbaik namun juga legendaris,” – Sam Walton

Quote Research and Development

“Kamu boleh belajar dari pesaing, namun jangan meniru, meniru maka kamu tamat,” – Jack Ma

Quote Inovation

“Ketika kamu berinovasi, kamu harus siap terhadap orang yang menyatakan kamu gila.” – Larry Ellison

Copyright © 2017 Jasa Audit Eksternal Laporan Keuangan Akuntansi Perusahaan