Jasa Audit Keuangan Banjarmasin Kantor Akuntan Publik KAP

 Melayani Jasa Audit Laporan Keuangan
Resmi Kantor Akuntan Publik (KAP)
Kota BANJARMASIN dan Sekitar
Hubungi : 0822-40-500-400

Jasa Audit Keuangan Banjarmasin Kantor Akuntan Publik KAP. Audit laporan keuangan merupakan salah satu instrumen penting bagi siapapun dalam menjalankan roda perusahaannya, tentu tanpa adanya audit keuangan tersebut maka akuntabilitas perusahaan itu pasti akan morat - marit.

Audit ini sangatlah penting untuk dilakukan bagi sebuah perusahaan dalam memberikan kredibilitas serta integritasnya kepada laporan keuangan, juga serta memberikan hasil berupa kepercayaan terhadap stakeholder maupun para pemegang saham. Bahwa laporan yang perusahaan kita sajikan itu informasinya dapat dipercaya dan juga akurat.

Lalu juga, tujuan diberlakukannya audit tersebut yakni untuk membantu kita dalam meningkatkan kontrol serta sistem yang ada di dalam perusahaan, juga termasuk mengontrol resiko yang ada serta tata kelolanya. Supaya perusahaan kita itu bisa berkembang secara terus - menerus ke arah yang lebih baik lagi.

Tapi, sebelum menjelaskannya lebih lanjut. Apakah kalian mengerti tentang apa itu audit? Lalu apa tujuannya? Baiklah, akan kami jelaskan. 

Audit ini juga bisa dilaksanakan oleh pihak yang independen seperti akuntansi publik. Tapi sebelum kita masuk lebih mendalam lagi tentang apa itu audit, serta apa tujuannya lalu bagaimana tahapan audit untuk pelaporan keuangan, ayo kita pelajari terlebih dahulu apa itu audit.

Pengertian Audit Keuangan

Audit keuangan adalah sebuah evaluasi ataupun penilaian atas suatu lembaga, entah itu perusahaan maupun organisasi. Dari situlah kemudian menghasilkan pendapat maupun opini yang sifatnya independen atau tidak memihak dari pihak ketiga mengenai laporan keuangan yang akurat juga lengkap dan yang terpenting harus sesuai dengan prinsip pada akuntansi dan aturan - aturan baku yang sudah berlaku.

Jika kalian adalah pemilik usaha kecil atau UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) alangkah baiknya, kalian bisa menggunakan pembukuan secara manual, namun perlu kalian ingat bahwa pembukuan manual itu pasti memiliki risiko dan human error yang lumayan besar. Lalu bagaimana solusinya? kalian bisa menggunakan software akuntansi yang ada di laptop maupun handphone kalian sendiri.

Tujuan Audit Keuangan

Audit keuangan sendiri memiliki berbagai macam tujuan, yakni yang pertama adalah untuk mendapatkan kepercayaan bahwa laporan keuangan tersebut yang akan dipresentasikan oleh perusahaan milik kita maupun organisasi yang lain, itu benar - benar disusun dengan prinsip dan standar baku akuntansi yang sedang berlaku. 

Yang kedua, laporan keuangan harus menyajikan kondisi dari keuangan perusahaan secara transparan yang juga memuat tanggal pelaporan serta kinerja manajemen perusahaan pada tenggat periode tersebut. 

Tahapan Dalam Audit Keuangan

Dalam proses audit laporan keuangan sendiri tentunya ada beberapa tahapan yang sejatinya perlu kita lakukan sebagai auditor. 

Jasa Audit Keuangan Banjarmasin Kantor Akuntan Publik KAP. Nah, Berikut ini langkah - langkah serta tanggung jawab apa saja yang harus dipegang oleh auditor dalam melakukan tanggung jawabnya di proses audit untuk menyusun laporan keuangan dalam sebuah perusahaan.

1. Merencanakan Kemudian Merancang Pendekatan Audit

Di dalam pengecekan laporan keuangan yang dilakukan secara menyeluruh perlu dilakukan perencanaan serta pendekatan perancangan audit. Biasanya di dalam mengaudit laporan, auditor harus mempertimbangkan 2 hal yakni :

Bukti berupa audit yang sudah terkumpul, itu harus berkompeten supaya nanti tanggung jawab dan kredibilitas auditor bisa terpenuhi. Masalah biaya pengumpulan bukti harus menggunakan biaya yang seminimal mungkin.

Dari kedua pertimbangan inilah seyogyanya sangat diperlukan untuk perencanaan audit serta harus menghasilkan beberapa pendekatan audit yang lumayan efektif dengan biaya audit yang logis sesuai dengan kebutuhan.

2. Melakukan Uji Pengendalian Serta Uji Substansi

Kemudian di tahap selanjutnya ketika auditor melakukan pengecekan laporan keuangan yakni melakukan uji pengendalian dan uji substantif terhadap sebuah transaksi. Biasanya auditor akan melakukan pengurangan dalam lingkup pemeriksaan di beberapa tempat, biasanya dilakukan standar laporan keuangan yang kurang akurat serta tidak menyertakan dengan bukti audit.

Biasanya di tahap ini, kalian sebagai auditor harus melakukan pengujian terhadap efektivitas akurasi informasi yang masuk dalam laporan keuangan. Dilain sisi, kalian harus melakukan evaluasi terhadap pencatatan berbagai macam transaksi yang dilakukan oleh klien lalu memverifikasinya lewat nilai moneter kepada berbagai macam transaksi tersebut. Nah, verifikasi ini biasanya disebut dengan uji substantif terhadap transaksi.

3. Melakukan Implementasi Prosedur Analitis

Melakukan pengimplementasian dalam prosedur yang analitik beserta uji rincian saldo merupakan tahapan yang selanjutnya yang harus kalian lakukan, perlu kalian pahami bahwa pemeriksaan laporan keuangan ini di dalamnya perlu perbandingan - perbandingan serta hubungan antara saldo dalam akun dengan data yang ditampilkan, maka hal itu wajar untuk digunakan dalam melakukan prosedur analitis.

Sedangkan saat kita melakukan prosedur dalam menguji isi saldo, maka kalian akan harus  melakukan berbagai macam prosedur yang lebih spesifik lagi, dengan bertujuan untuk melakukan uji dalam salah satu moneter pada akun laporan keuangan kalian.

4. Melakukan Penerbitan Laporan Audit

Dalam melakukan pelengkapan prosedur audit tentu sangatlah penting bagi kalian sebagai auditor. Tentunya hal ini memiliki tujuan untuk menghubungkan segala informasi yang ada serta kita peroleh untuk menghasilkan sebuah kesimpulan yang secara menyeluruh. Lalu harapannya adalah laporan keuangan itu bisa dipresentasikan dengan wajar.

Memiliki laporan keuangan yang baik merupakan salah satu proses yang sangat penting, karena ini merupakan dasar pada segala pertimbangan, terutama profesionalitas kalian sebagai auditor. 

Di dalam prakteknya, kalian nanti akan menggabungkan seluruh informasi yang diperoleh selama proses audit. Ketika seluruh informasi telah diperoleh melalui proses audit selesai, maka dari itulah akuntan publik akan melakukan penerbitan laporan audit dalam melengkapi segala laporan keuangannya.

5. Melakukan Tindakan Perbaikan

Tindakan perbaikan adalah langkah terakhir dalam proses ini yang pada umumnya dilakukan ketika rapat penutupan. Biasanya kalian akan memastikan bahwa setiap masalah yang sudah teridentifikasi sebelumnya itu bisa diselesaikan dengan tepat waktu. Jika kalian mendapat masalah lain yang  kemungkinan akan muncul, maka kalian sebagai auditor akan langsung menyelesaikannya dan mencari jalan keluarnya bersama setiap orang yang ikut terlibat.

Oleh karena itu kalian harus tetap sangat berhati - hati dalam pelaksanaannya, karena tidak sedikit kita jumpai banyak yang melakukan miss koordinasi, namun yang paling sering terjadi pada umumnya adalah miss komunikasi interpersonal yang satu dengan personil yang lainnya. Karena ini akan menyangkut dengan integritas perusahaan terutama integritas seorang auditor.

Penutup

Jasa Audit Keuangan Banjarmasin Kantor Akuntan Publik KAP. Dengan kita melaksanakan pemeriksaan laporan keuangan atau istilahnya melakukan audit keuangan, ini menjadi sebuah kewajiban bagi setiap pebisnis yang melakukan operasinya di Indonesia. Sehingga dari ini semua dapat melakukan meminimalisir data yang error pada saat seorang auditor sedang melakukan pemeriksaan. 

Maka dari itu kalian bisa melakukan pembukuan yang sederhana dalam menyusun audit laporan keuangan. Namun dilakukannya secara terperinci bagi setiap usaha yang kalian jalani. Penting sekali untuk menyajikan pembukuan yang terlihat baik jika kalian menginginkan sebuah proses pengecekan keuangan yang berjalan dengan sedikit masalah. Mungkin itu saja dari kami, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Semangat para pebisnis muda.


Quote Business

“Jangan pernah mencari konsumen untuk produkmu, namun temukan produk untuk konsumenmu.” – Seth Godins

Quote Marketing

“Tujuan memiliki perusahaan adalah mempunyai pelanggan yang, bukan hanya terbaik namun juga legendaris,” – Sam Walton

Quote Research and Development

“Kamu boleh belajar dari pesaing, namun jangan meniru, meniru maka kamu tamat,” – Jack Ma

Quote Inovation

“Ketika kamu berinovasi, kamu harus siap terhadap orang yang menyatakan kamu gila.” – Larry Ellison

Copyright © 2017 Jasa Audit Eksternal Laporan Keuangan Akuntansi Perusahaan