Jasa Audit Keuangan Kotawaringin Timur Kantor Akuntan Publik KAP

 Melayani Jasa Audit Laporan Keuangan
Resmi Kantor Akuntan Publik (KAP)
Kota WARINGIN TIMUR dan Sekitar
Hubungi : 0822-40-500-400

Jasa Audit Keuangan Kotawaringin Timur Kantor Akuntan Publik KAP. Dalam sebuah perusahaan, anda pasti pernah mendengar yang namanya audit laporan keuangan. Akan tetapi tidak semua orang tahu apa sih sebenarnya audit itu dan apa saja yang dikerjakan orang yang bekerja sebagai audit.

Sebelum membahas lebih lanjut, dalam suatu perusahaan pasti memiliki data yang sangat banyak, apalagi jika perusahaan tersebut memiliki perkembangan yang sangat pesat, hal tersebut akan memunculkan data-data baru yang muncul.

Data dalam perusahaan tersebut memiliki peranan penting dalam kelangsungan hidup suatu perusahaan serta proses pengelolaan perusahaan tersebut, oleh karena itu, data yang masuk harus akurat dengan apa yang sebenarnya terjadi di lapangan.

Apabila data yang diterima oleh perusahaan tidak sama dengan apa yang terjadi di lapangan, hal tersebut dapat mengakibatkan masalah dalam perusahaan. Masalah yang terjadi bisa saja mengakibatkan macetnya bisnis yang sedang berjalan dan hal yang paling parah adalah menyebabkan kerugian hingga bangkrut.

Oleh karena itu perlu adanya audit laporan keuangan, agar data data yang masuk tidak terjadi kekeliruan dan sampai pada akhirnya mengakibatkan kerugian terhadap perusahaan.

Pengertian Audit

Secara garis besar, audit merupakan sebuah kegiatan untuk mengevaluasi sistem kerja, proses sampai evaluasi produk sebuah perusahaan. Orang yang melakukan audit biasa disebut dengan auditor.

Seorang auditor diwajibkan untuk bersikap objektif. Sikap seorang auditor ini dimaksudkan agar audit yang dilakukan dapat sesuai dengan standar, dan peraturan yang berlaku serta menghindari dari adanya kecurangan yang dapat dilakukan oleh perusahaan.

Di dalam perusahaan, peran seorang auditor biasanya adalah sebagai audit laporan keuangan perusahaan. Auditor tersebut biasanya memiliki latar belakang seorang akuntan. Dalam tugasnya, seorang auditor harus mengevaluasi laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan tempat dia bekerja.

Laporan keuangan yang dievaluasi oleh auditor tersebut haruslah mengacu kepada prinsip akuntansi yang sah, sehingga apabila suatu laporan keuangan yang disajikan oleh perusahaan tidak memenuhi persyaratan, perusahaan tersebut harus melakukan pengecekan berdasarkan audit laporan keuangan yang sudah dibuat.

Jenis Audit

Di dalam dunia bisnis, terdapat beberapa jenis audit laporan keuangan. Jenis audit tersebut memiliki maksud untuk menentukan suatu tujuan yang akan dicapai oleh seorang auditor, guna mendapatkan hasil audit yang valid dan terperinci.

Beberapa jenis audit tersebut dibagi menurut sudut pandang seorang auditor dalam memberikan penilaian dan evaluasi perusahaan adalah sebagai berikut. Jasa Audit Keuangan Kotawaringin Timur Kantor Akuntan Publik KAP

Berdasarkan opini tanpa pengecualian

Jenis audit ini dilakukan oleh auditor dengan persetujuan pihak manajemen perusahaan. Adapun audit yang dibuat berdasarkan beberapa keadaan, mulai dari terkumpulnya seluruh bukti audit, sesuai dengan standar yang berlaku, laporan keuangan sudah sesuai dengan prinsip akuntansi secara umum.

Atas dasar dasar tersebut, seorang auditor dapat memberikan opini akan audit laporan keuangan yang sudah dievaluasi secara kaidah yang berlaku.

Berdasarkan opini penolakan

Opini yang dilakukan oleh auditor ini, dilakukan karena terdapat batasan-batasan dalam pemeriksaan laporan keuangan. Sehingga seorang auditor dapat melakukan penolakan untuk memberikan pendapatnya.

Berdasarkan opini tidak wajar

Seorang auditor dapat memberikan opini berupa tidak setuju akan laporan keuangan perusahaan, dikarenakan laporan keuangan yang diberikan oleh pihak manajemen perusahaan dianggap tidak layak.

Tujuan Adanya Audit

Suatu audit laporan keuangan dilakukan untuk mengetahui hal yang berkaitan tentang aset perusahaan, keluar masuknya uang perusahaan, hingga hal-hal yang berkaitan dengan produksi yang dilakukan oleh perusahaan, sama dengan yang terjadi di lapangan.

Adapun aspek-aspek dalam kegiatan audit berupa

Kelengkapan

Kelengkapan menjadi salah satu aspek yang diaudit, karena kelengkapan dalam perusahaan atau produksi perusahaan berkaitan dengan kelangsungan kegiatan perusahaan tersebut.

Ketepatan

Ketepatan yang dimaksud disini adalah, ketepatan dalam transaksi yang dilakukan oleh perusahaan , sehingga keluar masuknya uang sesuai dengan yang tercatat dalam audit laporan keuangan.

Eksistensi

Tujuan audit ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa apa yang tertulis dalam laporan keuangan tersebut benar adanya. Audit yang dilakukan mulai dari kegiatan perusahaan, hingga aset yang dimiliki oleh perusahaan tersebut adalah nyata.

Penilaian

Dilakukan oleh auditor agar prinsip yang diterapkan telah sesuai dengan kaidah yang berlaku secara umum.

Klasifikasi

Klasifikasi dilakukan oleh seorang auditor guna memastikan semua transaksi atau kegiatan yang dilakukan perusahaan tercantum dalam sebuah jurnal yang sudah digolongkan berdasarkan golongan akun.

Pisah batas

Dimasukkan ke dalam tujuan audit sebab, pisah batas bisa digunakan untuk memastikan sebuah transaksi telah dicatat dalam waktu yang tepat. Hal ini menjadi sangat penting dikarenakan seringnya terjadi kesalahan dalam pencatatan sebuah transaksi. kesalahan ini biasanya terjadi dalam akhir pencatatan laporan keuangan.

Pengungkapan

Seorang auditor melakukan pengungkapan untuk memastikan saldo yang dimiliki oleh perusahaan disajikan dalam keadaan wajar di dalam laporan keuangan.

Pentingnya Audit Dalam Perusahaan

Seperti yang sudah disebutkan di awal, audit laporan keuangan memiliki peranan penting dalam kelangsungan hidup perusahaan. Selain itu, audit laporan keuangan juga dapat digunakan sebagai indikator kesehatan sebuah perusahaan.

Apabila dalam perusahaan terjadi penyelewengan aset maupun transaksi yang terjadi, hal itu tentu akan berakibat buruk terhadap perusahaan itu sendiri di kemudian hari.

Tentu saja apabila suatu perusahaan tidak sehat, lambat laun perusahaan tersebut akan mengalami kerugian hingga bangkrut. Dan yang paling parahnya adalah sebuah perusahaan akan mengalami pailit hingga akhinya harus tutup.

Beberapa manfaat adanya audit laporan keuangan untuk pihak perusahaan adalah

Bagi yang diaudit

Peranan audit dalam perusahaan adalah untuk membantu perusahaan yang diaudit aar dapat meningkatkan kredibilitas laporan keuangan perusahaan agar dapat digunakan sebagai bahan acuan kerjasama dengan pihak luar.

Pihak luar yang dimaksud disini adalah pemegang saham, kreditor hingga pemerintah. Selain itu audit laporan keuangan juga dapat meminimalisir terjadinya fraud, dan juga dapat memberikan dasar yang terpercaya dalam penyiapan surat pajak yang nantinya diserahkan kepada pemerintah.

Manfaat lain bagi perusahaan yang diaudit adalah sebagai pintu masuk sumber dana dari luar perusahaan serta dapat digunakan sebagai penyingkap kesalahan apabila terjadi penyimpangan di dalam perusahaan tersebut.

Bagi anggota perusahaan

Anggota perusahaan yang dimaksud disini adalah karyawan. Audit yang dilakukan dalam sebuah perusahaan memiliki manfaat besar untuk karyawan yang bekerja dalam perusahaan tersebut.

Sebuah audit laporan keuangan perusahaan yang baik dapat meyakinkan seorang kreditur untuk memberikan kredit kepada karyawan. Serta meyakinkan pihak asuransi dalam memberikan klaim kepada anggota perusahaan tersebut.

Selain itu, audit yang dilakukan dapat menjadi evaluasi untuk para investor dan calon investor yang terlibat dalam pembangunan perusahaan.  Dan juga dapat menjadi dasar untuk menyelesaikan masalah mengenai upah dan tunjangan yang biasanya dilakukan oleh serikat buruh.

Jasa Audit Keuangan Kotawaringin Timur Kantor Akuntan Publik KAP. Manfaat lainnya adalah sebagai dasar yang dapat diberikan kepada klien agar memiliki keyakinan dalam memberikan nilai profitabilitas, manajemen, hingga pada efisiensi operasional sebuah perusahaan.

Quote Business

“Jangan pernah mencari konsumen untuk produkmu, namun temukan produk untuk konsumenmu.” – Seth Godins

Quote Marketing

“Tujuan memiliki perusahaan adalah mempunyai pelanggan yang, bukan hanya terbaik namun juga legendaris,” – Sam Walton

Quote Research and Development

“Kamu boleh belajar dari pesaing, namun jangan meniru, meniru maka kamu tamat,” – Jack Ma

Quote Inovation

“Ketika kamu berinovasi, kamu harus siap terhadap orang yang menyatakan kamu gila.” – Larry Ellison

Copyright © 2017 Jasa Audit Eksternal Laporan Keuangan Akuntansi Perusahaan