Jasa Audit Keuangan Ketapang Kantor Akuntan Publik KAP

 Melayani Jasa Audit Laporan Keuangan
Resmi Kantor Akuntan Publik (KAP)
Kota KETAPANG dan Sekitar
Hubungi : 0822-40-500-400

Jasa Audit Keuangan Ketapang Kantor Akuntan Publik KAP. Standartnya, sebuah perusahan diperlukan dalam melakukan audit pelaporan keuangan. Laporan keuangan bukan hanya memantau kondisi uang masuk dan keluar namun juga untuk mengetahui apakah kondisi perusahaan tersebut pada siklus audit atau tidak ? masih bingung apa yang dimaksud siklus audit. Jika anda ingin mengetahuinya lebih dalam baca artikel berikut ini. 

Siklus audit berguna untuk memberikan suatu informasi mengenai batas kewajaran pada laporan keuangan dan menyesuaikan dengan prinsip akuntansi apakah berlaku atau sebaliknya. Maka dari itu anda sebagai pelaku usaha harus memahaminya siring perkembangan usaha anda. Audit merupakan bentuk dari akuntabilitas suatu perusahaan kepada penganut kepentingan. Tujuannya yakni agar keuangan berjalan dengan lancar dan hal ini hanya boleh dilakukan oleh ahli yang sudah paham dengan akuntansi publik. 

Apa Maksud Audit Laporan Keuangan ? 

Audit merupakan sebuah proses dengan cara mengumpulkan serta mengevaluasi bukti dari informasi yang sudah didapatkan mengenai entitas ekonomi. Hal ini disarankan dilakukan oleh seorang expert atau orang yang berkompeten dan independen di bidang keuangan untuk bisa menentukan serta melaporkan keakuratan informasi dengan beberapa macam kriteria yang sudah ditetapkan. The point is audit laporan keuangan adalah suatu perbandingan dari informasi atau kondisi yang sedang terjadi dan kriteria tertentu yang sudah ditetapkan. 

Tujuan audit keuangan sendiri adalah untuk memastikan kesesuaian antara informasi yang sudah didapat dengan kriteria yang sudah ditentukan dan menyampaikannya kepada pihak berkepentingan. Hal ini sudah jelas bukan ? Jika laporan keuangan tidak diperbolehkan untuk diaudit maka kemungkinan besar laporan tersebut memiliki permasalahan yang cukup serius yang disengaja bahkan tidak disengaja. Hal ini menjadikan audit laporan keuangan yang bermasalah dan tidak diaudit akan menjadikannya memiliki kepercayaan yang kurang di mata stakeholder. 

Tujuan Audit Laporan Keuangan

Sebagai tujuan audit laporan keuangan untuk menilai sejauh mana laporan tersebut dan perusahaan tersebut memiliki nilai kewajaran dan kelayakan pada penyajian laporan keuangan yang sudah dibuat oleh perusahaan tersebut. Kelayakan dan kewajaran tersebut dapat didapatkan dengan mengacu pada prinsip akuntansi berdasarkan opini audit. Inilah beberapa jenis opini audit pada laporan keuangan yaitu, 

Unqualified opinion atau wajar yaitu laporan disajikan sesuai dengan standar akuntansi yang sudah ditetapkan.

Qualified opinion atau wajar namun masih dengan pengecualian. Pada laporan keuangan ini masih dapat dipercaya tetapi masih ada masalah yang dikecualikan agar tidak salah dalam pengambilan keputusan. 

Adversed atau batasan tidak wajar sehingga laporan keuangan yang tidak diperbolehkan untuk disajikan karena tidak sesuai dengan standar akuntansi yang sudah berlaku dengan beberapa kesalahan yang ada pada laporan keuangan tersebut. 

Disclaimer atau laporan yang memiliki kesalahan yang fatal dan manajemen membatasi pemeriksaan sehingga pelaku audit laporan keuangan tidak menemukan banyak bukti yang bisa menjadi solusi dalam permasalahan tersebut. 

Tahap Audit Laporan

Ketika anda melakukan audit pada laporan keuangan beberapa tahapan harus dilalui. Seperti yang sudah disinggung bahwa audit merupakan kegiatan yang sudah terstruktur serta tersistematis dengan baik. Dengan begitu anda bisa mencapai tujuan audit dengan baik melalui tahapan yang dilakukan berikut ini, 

1. Penerimaan kesepakatan audit 

Kesepakatan kedua pihak sangat penting dan menjadi tahapan pertama dalam hal audit laporan keuangan kedua belah pihak ini merupakan pihak auditor dan perusahaan yang diwakili oleh management. Sebelumnya, harus ada sebuah kesepakatan yang jelas dan disetujui oleh kedua belah pihak. Manajemen akan menyerahkan kepada auditor terkait audit laporan keuangan dan editor akan memberikan keputusan bahwa ia sanggup untuk mengaudit laporan sesuai kompetensinya. 

Jasa Audit Keuangan Ketapang Kantor Akuntan Publik KAP. Tahap pertama adalah memutuskan diterima atau ditolak pekerjaan yang akan diaudit. Namun, untuk memutuskan hal tersebut seorang auditor juga membutuhkan beberapa pertimbangan untuk memantapkan keputusan yang ia buat. Seperti dari integritas manajemen, menilai independensi, identifikasi pada risiko hingga menentukan kemampuan dan memastikan kompetensi profesionalnya. 

Sehingga dalam menentukan serta menetapkan siklus audit atau suatu hal yang membutuhkan beberapa perkembangan yang banyak dan tidak harus sama dengan keinginan klien. Agar proses evaluasi bisa dilakukan dengan baik. 

2. Membuat perencanaan pada proses audit 

Tahapan yang selanjutnya harus dilakukan adalah mengetahui dan membuat perencanaan yang jelas tentang audit laporan keuangan dengan melakukan beberapa aktivitas berikut ini,

Mencoba memahami tentang bisnis dan industri dari manajemen atau klien

Melakukan beberapa prosedur analitik

Menentukan material serta menetapkan risiko yang akan terjadi pada saat audit dan risiko bawaan dari laporan keuangan sebelum di audit, 

Memahami struktur pengendalian bagian dalam dan menetapkan risikonya. 

Pengembangan rencana audit dan program audit yang akan dilakukan. Namun perlu diketahui bahwa itu tidak terjadi pada waktu yang singkat. Bahkan bisa paling lama dan rumit. 

Dari kegiatan yang dilakukan tersebut memiliki beberapa part yang harus dilakukan lagi. Dengan beberapa tahap tersebut rencana keuangan pun bisa benar dan tepat. 

3. Pelaksanaan Pengujian 

Setelah melakukan perencanaan audit laporan keuangan selanjutnya adalah mengujinya. Pengujian dilakukan dengan cara mempelajari data dan informasi dari bisnis management yang sudah disetorkan serta dibandingkan dengan informasi lainnya. Pengajian merupakan proses yang dilakukan dengan memverifikasi efektivitas dari pengendalian dalam perusahaan atau management. 

Sementara pada pengujian substantif merupakan sebuah siklus audit yang berguna dalam menemukan suatu kesalahan atau masalah yang langsung dan akan mempengaruhi laporan keuangan. Dengan begitu tujuan audit yang berguna untuk mengevaluasi sudah tercapai dengan baik. 

4. Melaporkan hasil audit

Sebelum melaporkannya maka ada baiknya untuk melengkapi proses yang dilakukan selama audit karena itu dinilai penting bagi auditor. Manfaatnya untuk memastikan dan menghubungkan informasi atau data yang sudah diperoleh dan menjadikannya sebuah kesimpulan secara general. Dengan demikian laporan keuangan dapat di presentasi dengan status wajar dan aman. 

Mempunyai laporan keuangan yang aman menjadi salah satu yang terpenting dan menjadi sebuah pertimbangan serius terkait profesionalisme yang dilakukan oleh auditor. Dalam hal ini auditor akan menggabungkan semua data maupun informasi yang didapat selama melakukan audit. Setelah proses audit terselesaikan dengan baik maka akuntan publik diperbolehkan dan diharuskan untuk mengupload atau menerbitkan hasil dari laporan audit. 

Proses yang terakhir namun tak kalah penting yaitu melaporkan hasilnya. Laporan yang dimaksud berupa komunikasi antara auditor dengan pihak klien sehingga tidak diperbolehkan dilakukan dengan sembarangan. Dalam proses ini akan melibatkan jenis opini, jasa yang diberikan, hasil audit laporan keuangan, lingkupnya, tujuannya harus jelas dan juga hasil itu sendiri serta beberapa rekomendasi yang sudah diberikan jika ada kurangnya. Setelah itu informasi yang sudah didapat juga penting. 

Jasa Audit Keuangan Ketapang Kantor Akuntan Publik KAP. Laporan ini sangat besar pertanggung jawabannya. Dengan tanggung jawab tersebut maka diharuskan untuk memutuskan dan pembuatan laporan tersebut harus disertai kehati hatian. Jika sedikit saja salah nama perusahaan akuntan publik akan terkotori dan akan berhubungan langsung dengan pihak berwajib. Maka dari itu tidak boleh sembarang orang yang melakukannya.


Quote Business

“Jangan pernah mencari konsumen untuk produkmu, namun temukan produk untuk konsumenmu.” – Seth Godins

Quote Marketing

“Tujuan memiliki perusahaan adalah mempunyai pelanggan yang, bukan hanya terbaik namun juga legendaris,” – Sam Walton

Quote Research and Development

“Kamu boleh belajar dari pesaing, namun jangan meniru, meniru maka kamu tamat,” – Jack Ma

Quote Inovation

“Ketika kamu berinovasi, kamu harus siap terhadap orang yang menyatakan kamu gila.” – Larry Ellison

Copyright © 2017 Jasa Audit Eksternal Laporan Keuangan Akuntansi Perusahaan