Jasa Audit Keuangan Tarakan Kantor Akuntan Publik KAP

 Melayani Jasa Audit Laporan Keuangan
Resmi Kantor Akuntan Publik (KAP)
Kota TARAKAN dan Sekitar
Hubungi : 0822-40-500-400

Jasa Audit Keuangan Tarakan Kantor Akuntan Publik KAP. Audit laporan keuangan menjadi bagian yang penting dari sebuah lembaga atau perusahaan karena berkaitan dengan adanya transaksi pengeluaran dan pemasukan keuangan perusahaan tersebut berkaitan dengan perkembangan perusahaan ke depannya.

Dengan adanya laporan keuangan perusahaan kita bisa tahu performa dan kondisi keuangan perusahaan tersebut, laporan keuangan harus melewati berbagai proses pemeriksaan, di mana penyajiannya harus sesuai dengan standar dan prinsip, serta  aturan yang berlaku saat ini.

Pengertian Audit Laporan Keuangan

Secara umum, audit keuangan merupakan sebuah penilaian atau evaluasi pada suatu entitas, yaitu lembaga, perusahaan, atau organisasi. Dari proses penilaian ini akan menghasilkan suatu pendapat atau opini independen dari pihak ketiga mengenai laporan keuangan yang akurat, lengkap, relevan, wajar, dan sesuai dengan prinsip dan aturan akuntansi.

Dengan adanya bantuan audit, laporan keuangan yang dibuat bisa lebih dipercaya terutama untuk kepentingan pihak luar, seperti pemegang saham, pemerintah, dan pihak lainnya. Selain itu, ada manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan jika menjalankan proses audit dengan baik adalah : 

1. Terbukanya pintu masuk sumber biaya dari pihak luar.

2. Dapat menemukan penyimpangan pada catatan keuangan yang dilaporkan.

3. Dapat membantu memberikan dasar yang meyakinkan kepada kreditur atau mitra perusahaan dalam mengambil keputusan pemberian kredit.

4. Memberikan dasar yang meyakinkan kepada para investor atau perbankan sebagai syarat untuk jual-beli penggabungan perusahaan (kerja sama). 

5. Mampu memberikan dasar yang baik dan meyakinkan kepada para pelanggan. 

6. Bisa memberikan kejelasan mengenai laporan keuangan secara independen tentang ketelitian dan jaminannya.

Sebagai bagian yang penting dalam laporan keuangan untuk di audit. Maka, Anda wajib untuk mengetahui salah satu catatan penting tersebut mengenai laporan keuangan yang membutuhkan untuk audit keuangan, yaitu :

1. Laporan laba rugi 

Laba rugi menjadi salah satu laporan keseluruhan yang dibuat dalam satu periode akuntansi. Laporan yang dibuat terdiri dari pendapatan selama periode itu berjalan dan beban, baik beban usaha maupun luar usaha.

Maka tidak heran jika laporan laba rugi bisa menjadi salah satu laporan keuangan yang sangat membutuhkan audit, di mana laporan ini bisa memberitahukan mengenai evaluasi kinerja perusahaan dan menjadi bagian dari tolak ukur untuk menghitung besaran pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan.

2. Neraca 

Bagian dari laporan keuangan perusahaan yang memberikan informasi tentang aset adalah neraca, di mana neraca memberikan laporan mengenai gambaran tentang aset yang dimiliki oleh perusahaan dan kewajibannya. Selain itu, yang wajib Anda tahu bahwa neraca sesuai aset, yaitu aset = kewajiban + ekuitas pemegang saham.

3. Laporan arus kas

Cash flow atau laporan arus kas yang merupakan laporan kas yang mencatat mengenai kas yang diterima dan dikeluarkan oleh perusahaan selama periode akuntansi tertentu. Dengan adanya laporan arus kas sangat berguna ketika perusahaan melakukan evaluasi mengenai struktur keuangan. Hal ini dilakukan oleh perusahaan untuk melakukan strategi adaptif, di mana perusahaan akan mengalami perubahan pada bagian keuangan.

Fungsi Dari Audit Laporan Keuangan

Jasa Audit Keuangan Tarakan Kantor Akuntan Publik KAP. Seperti yang kita tahu bahwa audit laporan keuangan adalah bagian dari proses penilaian dan evaluasi laporan keuangan yang sesuai dengan prinsip dan aturan akuntansi yang berlaku. Untuk itu, mengenai laporan keuangan memiliki fungsi yang pasti, yaitu :

1. Sebagai media komunikasi yang kepada pemerintah mengenai hasil audit.

2. Membuat hasil audit untuk menghindari terjadinya salah paham. 

3. Hasil audit digunakan untuk memperbaiki institusi terkait.

4. Sebagai tindak lanjut ketika ada tindakan perbaikan yang diperlukan oleh perusahaan.

Mengetahui Tahapan Audit Laporan Keuangan

Secara dasar, audit merupakan bagian dari sebuah kegiatan yang disusun secara sistematis untuk mencapai sebuah tujuan.  Hal ini menjadi bagian yang penting dari proses laporan keuangan atau sebagai tahapan audit laporan keuangan.

1. Perikatan Audit

Di mana perikatan audit adalah kesempatan antara pihak auditor dan perusahaan yang di wakili oleh manajemen. Perikatan audit dilakukan sebelum terjadinya proses audit dimulai, sebelum itu manajemen akan menyerahkan laporan keuangan ke pihak auditor dan akan langsung diproses sesuai dengan kompetensinya.

2. Perencanaan 

Setelah melewati tahap perikatan, auditor harus melakukan riset yang berkaitan dengan bisnis dan industri klien, sebagai salah satu cara untuk mengetahui mengenai perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan sebagai prosedur analitik dan untuk menentukan risiko audit. Setelah melakukan riset, auditor harus membuat sebuah perencanaan yang benar dan tepat.

3. Pelaksanaan Uji Audit

Pelaksanaan uji audit dilakukan untuk mempelajari data dan informasi klien, serta sebagai pembanding dengan data dan informasi lain. 

4. Pelaporan Audit

Di tahap ini ada yang namanya proses audit laporan keuangan akhir, di mana dalam pelaporan tersebut dibuat dengan sangat detail, teliti, dan penuh tanggung jawab.

Mengetahui Tujuan Dari Audit Laporan Keuangan 

Sebagai audit laporan keuangan yang merupakan sebuah proses penilaian dan evaluasi yang sistematis pada laporan keuangan, tentunya memiliki tujuan yang jelas. Adapun tujuan audit laporan keuangan yang harus Anda tahu adalah :

1. Membuat penilaian

Penilaian yang diberikan setelah dilakukannya audit adalah keputusan untuk melaporkan bahwa  laporan keuangan yang dibuat sudah sesuai dengan prinsip dan aturan akuntansi yang berlaku.

2. Membuat klarifikasi

Untuk memastikan bahwa semua kegiatan transaksi atau operasional di klarifikasi sesuai dengan aturan yang berlaku.

3. Membuat cut-off

Tujuan dari audit ini dilakukan untuk memastikan jika semua transaksi dekat dengan tanggal neraca dicatat dalam periode yang sesuai.

Kapan dilakukan Audit Laporan Keuangan?

Dalam sebuah pengelolaan keuangan dalam bisnis harus jelas mengenai laporan keuangan yang dibuat, cara audit laporan keuangan dengan menyajikan laporan keuangan sesuai dengan prinsip dan aturan akuntansi. Lalu, kapan proses dari audit keuangan dilakukan karena bagian penting yang harus diketahui, yaitu :

1. Auditor harus memeriksa penjualan dari tahun sebelumnya dan setelah periode audit.

2. Ketika auditor telah melakukan observasi secara langsung melihat dan mempelajari mengenai aturan yang diikuti secara keseluruhan dan mencari masalah yang ada. Jika sudah tersusun rapi, proses laporan keuangan bisa dilakukan.

3. Bisa memberikan penilaian terhadap perkembangan dan efek dari audit terhadap ilmu akuntansi.

4. Mengetahui risiko audit jika bukti tidak lengkap dan prosedur audit dapat dilakukan sesuai dengan rencana audit.

5. Auditor paham akan bisnis klien, sehingga memudahkannya untuk melakukan audit. 

6. Auditor mendapatkan informasi mengenai piutang dari pihak ketiga.

7. Proses audit dilakukan oleh pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan.

Jasa Audit Keuangan Tarakan Kantor Akuntan Publik KAP. Dapat disimpulkan jika audit laporan keuangan menjadi tanggung jawab yang besar bagi seorang auditor karena dalam membuat laporan keuangan yang dapat disajikan secara lengkap, wajar, relevan, dan akurat yang tentunya harus sesuai dengan prinsip dan aturan akuntansi yang berlaku saat ini. 


Quote Business

“Jangan pernah mencari konsumen untuk produkmu, namun temukan produk untuk konsumenmu.” – Seth Godins

Quote Marketing

“Tujuan memiliki perusahaan adalah mempunyai pelanggan yang, bukan hanya terbaik namun juga legendaris,” – Sam Walton

Quote Research and Development

“Kamu boleh belajar dari pesaing, namun jangan meniru, meniru maka kamu tamat,” – Jack Ma

Quote Inovation

“Ketika kamu berinovasi, kamu harus siap terhadap orang yang menyatakan kamu gila.” – Larry Ellison

Copyright © 2017 Jasa Audit Eksternal Laporan Keuangan Akuntansi Perusahaan