Jasa Audit Keuangan Nunukan Kantor Akuntan Publik KAP

 Melayani Jasa Audit Laporan Keuangan
Resmi Kantor Akuntan Publik (KAP)
Kota NUNUKAN dan Sekitar
Hubungi : 0822-40-500-400

Jasa Audit Keuangan Nunukan Kantor Akuntan Publik KAP. Tahukah Anda  apa yang dimaksud dengan aktivitas audit laporan keuangan?

Suatu proses pemeriksaan yang dilakukan oleh auditor terhadap catatan akuntansi atau laporan keuangan suatu entitas disebut sebagai proses audit laporan keuangan. 

Lalu apakah itu auditor?

Auditor adalah petugas yang berwenang memeriksa laporan keuangan. Auditor adalah seseorang yang diyakini memiliki rasa integritas dan kemandirian karena auditor haruslah pihak yang dapat dipercaya. Saat melakukan audit laporan keuangan, auditor dapat mengetahui kondisi sehat tidaknya keuangan dari suatu entitas bisnis. Oleh karena itu hasil proses audit akan digunakan sebagai bahan evaluasi keuangan di masa mendatang

Laporan keuangan akan diperiksa oleh auditor melalui tahapan audit dengan seksama agar tujuan evaluasi tercapai dengan baik. Tujuan audit laporan keuangan adalah untuk menghindari penyelewengan keuangan perusahaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Kegiatan audit laporan keuangan ini juga berfungsi untuk memastikan dan menghitung aset yang dimiliki oleh perusahaan.

Dalam kegiatan ini juga akan sering ditemukan istilah auditee, apa itu auditee?

Auditee adalah seseorang yang bertugas untuk menyiapkan bahan-bahan yang akan di audit. Selain itu auditee juga merupakan sasaran audit seorang auditor.

Setelah mengetahui istilah- istilah tersebut maka berikut ini merupakan tahapan audit laporan keuangan

1. Tahap Perencanaan dan Persiapan

Di tahap perencanaan, auditor harus mempertimbangkan risiko yang terjadi akibat salah saji dalam saldo akun atau biasa disebut sebagai risiko bawaan. Setelah itu auditor diwajibkan untuk membuat strategi audit awal agar proses audit laporan keuangan menjadi lebih efektif, selain itu dengan perencanaan yang matang akan dapat mengurangi risiko terjadinya kesalahan tingkatan. Sehingga laporan keuangan dapat diketahui apakah tersaji secara masuk akal atau tidak. Jika entitas tersebut baru pertama kali melakukan kegiatan audit maka faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kondisi saldo awal harus benar-benar diperhatikan.

Cara yang digunakan untuk menghindari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi saldo awal adalah cara penentuan saldo awal harus dapat menggambarkan penerapan kebijakan akuntansi yang benar dan kebijakan itu telah dapat dipastikan adar dapat digunakan secara berkelanjutan dalam penyusunan laporan-laporan keuangan suatu entitas pada tahun yang akan datang. 

Selanjutnya seorang auditor hendaknya meneliti informasi awal yang terdiri dari proses prosedural, cara kerja perusahaan, catatan dan juga laporan keuangan harian, dan susunan jabatan dan pengurus perusahaan. Hal tersebut akan membantu dalam proses penilaian laporan.

Jasa Audit Keuangan Nunukan Kantor Akuntan Publik KAP. Selain itu yang perlu dipersiapkan adalah daftar pertanyaan atau interview guide yang akan digunakan saat proses audit laporan keuangan berlangsung. Daftar pertanyaan dibuat dalam bentuk kolom checklist agar auditor menjadi lebih mudah mengingat poin penting dari proses audit. interview guide yang telah dibuat dapat dijadikan sebagai pedoman dalam proses audit laporan keuangan. Selain itu ada baiknya jika daftar pertanyaan disampaikan ke para auditee yang menyiapkan bahan-bahan audit agar proses audit yang dilakukan menjadi lebih matang dan efektif karena bahan yang tersedia sesuai dengan yang diminta oleh auditor.

2. Pembuatan Timeline Kegiatan

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan oleh seorang auditor adalah membuat jadwal pelaksanaan atau biasa dengan timeline kegiatan. Penjadwalan program audit tahunan secara berkala dan terperinci harus dilakukan secara berkelanjutan. Seluruh kegiatan audit suatu entitas harus direncanakan dari awal untuk mempermudah para auditee dalam menyiapkan bahan.

3. Peninjauan Dokumen dan Kunjungan Lapangan

Seorang auditor harus mengetahui proses penting yang berkaitan dengan bahan audit untuk itu perlu dilakukan untuk peninjauan dokumen dan syarat - syarat yang diperlukan di proses audit laporan keuangan .Penelusuran mendalam dalam peninjauan dokumen akan menjadi faktor penting dalam kesuksesan proses audit laporan keuangan.

Peninjauan dokumen dilakukan dengan cara pemeriksaan seluruh sistem dengan teliti, hati-hati, rajin, terstruktur dan tidak melewatkan satu bagian pun dari syarat yang diminta. Tahapan pemeriksaan ini berdasarkan atas bahan yang disiapkan oleh auditee. Peninjauan dokumen secara menyeluruh tanpa terkecuali adalah kegiatan yang perlu dilakukan oleh seorang auditor.

Selanjutnya dilakukan analisis terhadap bukti, dokumen dan syarat yang telah didapatkan dari kunjungan dan pengajuan pertanyaan yang ada di interview guide terhadap auditee. Hingga mendapatkan bukti yang relevan. Kegiatan ini perlu dilakukan oleh seorang auditor karena seorang auditor perlu memiliki bukti - bukti dan berhati- hati dalam melakukan tugasnya.

Saat auditor melakukan analisis dokumen suatu entitas, seorang auditor harus memeriksa dokumen secara mendetail. Bagian yang perlu diperhatikan seorang auditor adalah hal-hal mengenai informasi-informasi  yang tersaji dalam laporan serta informasi yang berkaitan dengan tanggung jawab klien. sehingga dalam proses audit laporan keuangan suatu entitas dapat diperoleh analisis laporan keuangan dengan tepat. 

Untuk rangkaian proses audit secara terperinci dalam tahapan kunjungan lapangan adalah sebagai berikut:

Auditor harus meminta dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam kegiatan audit

Auditor harus mempersiapkan rencana-rencana pelaksanaan kegiatan audit

Auditor harus membuat jadwal rapat terbuka untuk prosesi pelaksanaan kegiatan audit

Auditor harus melakukan kerja dan kunjungan lapangan

Auditor harus menyusun hasil temuan dalam bentuk laporan

Auditor harus membuat rapat penutupan dan menyampaikan hasil temuan saat kegiatan audit

4. Pelaporan dan Evaluasi

Tahap akhir dari kegiatan audit laporan keuangan adalah laporan hasil temuan. Dari kunjungan dan peninjauan dokumen, auditor dapat mengetahui masalah atau kesalahan sehingga harus disampaikan pada auditee agar dilakukan perbaikan kedepannya. Kemudian auditor juga harus memastikan kesalahan yang telah disampaikan diperbaiki oleh auditee. Selanjutnya melakukan follow up hingga batas waktu pengumpulan.

Setelah itu hendaknya dilakukan kegiatan evaluasi terhadap informasi keuangan suatu entitas yang telah disusun. Selain itu auditor harus mencari tahu mengenai hubungan, ketepatan dan korelasi seluruh data-data keuangan, dokumen, syarat, pernyataan auditee hingga didapatkan satu benang merah. Sehingga informasi yang didapat antara yang satu dengan data lainnya saling berkesinambungan sehingga dapat diketahui bahwa informasi yang telah didapatkan merupakan sesuatu yang valid dapat dipercaya.

Jasa Audit Keuangan Nunukan Kantor Akuntan Publik KAP. Demikianlah tahapan audit laporan keuangan yang perlu dilakukan oleh seorang auditor. Semoga informasi yang telah disampaikan dan rincian dari pembahasan ini dapat memberikan gambaran yang baik dan mudah untuk dipahami oleh seluruh entitas bisnis ataupun anda sekalian yang ingin berkarya dan menetapkan karir sebagai seorang auditor laporan keuangan. Jika anda berperan sebagai seorang auditor maka sifat-sifat berikut haruslah ada dalam diri anda:

Seorang auditor hendaknya merupakan seseorang yang Dapat dipercaya

Seorang auditor hendaknya merupakan seseorang yang  Memiliki integritas yang tinggi

Seorang auditor hendaknya merupakan seseorang yang Tidak mementingkan suatu pihak

Seorang auditor hendaknya merupakan seseorang yang Bersikap netral

Seorang auditor hendaknya merupakan seseorang yang Adil 

Seorang auditor hendaknya merupakan seseorang yang Teliti

Seorang auditor hendaknya merupakan seseorang yang Sabar


Quote Business

“Jangan pernah mencari konsumen untuk produkmu, namun temukan produk untuk konsumenmu.” – Seth Godins

Quote Marketing

“Tujuan memiliki perusahaan adalah mempunyai pelanggan yang, bukan hanya terbaik namun juga legendaris,” – Sam Walton

Quote Research and Development

“Kamu boleh belajar dari pesaing, namun jangan meniru, meniru maka kamu tamat,” – Jack Ma

Quote Inovation

“Ketika kamu berinovasi, kamu harus siap terhadap orang yang menyatakan kamu gila.” – Larry Ellison

Copyright © 2017 Jasa Audit Eksternal Laporan Keuangan Akuntansi Perusahaan